Semester I Tahun 2019,  Polres Karimun Ungkap 42 Kasus Narkotika dan Tahan 61 Orang Tersangka

Karimun, Silabusnews.com – Polres Karimun berhasil mengungkap sebanyak 42 kasus narkotika dan meringkus 61 orang tersangka. Hal tersebut merupakan hasil ungkap kasus pada periode Januari hingga Juli 2019. Barang bukti yang diamankan yakni sabu-sabu seberat 520,95 gram, daun ganja seberat 1200,21 gram, dan 504,5 butir pil ekstasi.

Demikian diungkapkan Wakapolres Kapolres Karimun Kompol Jhon Sitepu, S.I.K.,saat menggelar konferensi pers pengungkapan tindak pidana narkotika di Mapolres Karimun ,Senin (5/8/2019)

“Barang bukti narkotika yang berhasil kita ungkap keseluruhanya sebanyak, 502 ,95 gram sabu-sabu , Pil ekstasi sebanyak 504,5 butir , Ganja kering sebanyak 1200,21 gram yang diamankan terdiri dari 52 orang laki laki dan 9 orang perempuan, ungkap Jhon Sitepu.

Wakapolres Karimun Kompol Jhon Sitepu SIK mengatakan, adapun para tersangka terdiri dari masing-masing wilayah kecamatan yang berbeda diantaranya, Wilayah Kecamatan Karimun yang terdiri dari 20 kasus dengan tersangka 29 orang . Wilayah Kecamatan Meral yang terdiri dari 7 kasus dengan tersangka 12 orang . Wilayah Kecamatan Tebing terdiri dari 9 kasus dengan tersangka 12 orang, Wilayah Kecamatan Kundur terdiri dari 5 kasus dengan tersangka 7 orang , Wilayah Kecamatan Kundur Barat terdiri dari 1 kasus dengan tersangka 1 orang,,” kata Wakapolres Karimun Kompol Jhon Sitepu,SIK saat didampingi Kasat Narkoba Polres Karimun AKP Rayendra Arga Prayana, SIK.

Sementara itu, Kasatnarkoba Polres Karimun AKP Rayendra Arga Prayana ,SIK mengatakan , dengan puluhan kasus dan tersangka yang berhasil kita tangkap dari 5 wilayah Kecamatan yang berbeda. Sementara itu, untuk wilayah terbanyak dalam pengungkapan narkoba berada di Kecamatan Karimun, ungkapnya.

Rayendra mengatakan, tidak serta merta kita memberikan status darurat narkoba terkait dengan jumlah terbanyak dalam pengungkapan narkoba di Kecamatan Karimun ,namun kita akan berusaha untuk mencegahnya dalam tindak pidana narkotika serta penggunaan narkoba ,”katanya

Ada peningkatan dibandingkan dengan pengungkapan semester I tahun sebelumnya. Peningkatannya sebanyak 5 kasus,” terang Kasat Narkoba Polres Karimun AKP Rayendra Arga Prayana, SIK.

Sebagaimana diberitakan, pada semester I Satresnarkoba Polres Karimun berhasil mengungkap 42 kasus peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Proses penyidikan perkara selama satu semester tersebut, dari 42 kasus diantaranya 3 kasus tahap penyidikan, 9 kasus tahap I (pengiriman berkas ke JPU) dan 30 kasus lagi tahap II (pengiriman tersangka dan barang bukti).

Selanjutnya, Satresnarkoba Polres Karimun juga berhasil mengungkap kasus narkotika jenis sabu pada tanggal 2 Agutus 2019 yang lalu di dua tempat kejadian perkara ( TKP) yakni di jalan depan Hotel Alishan dan di jalan Bukit Tiung.

Dalam kasus penindakan narkotika ini, turut juga diamankan 3 orang tersangka berinisial AP (31 tahun), WS (24 tahun) dan BA (22 tahun). Kesemua tersangka merupakan warga Karimun,ucapnya.

Barang bukti yang diamankan dari tersangka 1 paket kecil sabu seberat 0,45 gram, 4 paket sabu seberat 95,80 gram dan 1 paket kecil sabu dengan berat kotor 2,6p gram serta 1 butir pil ekstasi warna hijau. Pengakuan tersangka mendapatkan barang bukti ini dari Anto (DPO).

Terhadap BA dikenakan Pasal 114 ayat (2) Subsider Pasal 112 ayat (2) UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 5 sampai 10 tahun penjara atau hukuman seumur hidup atau pidana denda Rp 1 miliar sampai dengan Rp 10 miliar.

Sedangkan tersangka AP dan WS dikenakan Pasal 114 ayat (1) Subsider Pasal 112 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman 4-20 tahun penjara atau hukuman seumur hidup atau pidana denda Rp 800 juta sampai dengan Rp 10 miliar.

( Nababan)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.