oleh

Respon Cepat Danlanal Ketapang Penyelamatan Tenggelamnya KLM. Maju Indah di Selat Karimata

Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P). Bambang Nugroho M.Tr. foto Penlanal Ketapang 

Silabusnews.com, Kalbar, Ketapang – Telah dilaksanakan SAR (Search And Rescue) oleh KRI Sembilang-850 terhadap KLM. Maju Indah yang tenggelam di perairan Gosong Aling Selat Karimata pada koordinat *3° 23.00′ S – 110° 7.00′ T* (+- 50 NM dari Kendawangan),
pada Selasa (12/07/2022).

Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P). Bambang Nugroho M.Tr.Opsla menjelaskan, kapal KLM Maju Indah berlayar dari Gresik pada tanggal 8 Juli 2022 dengan tujuan Pontianak jumlah ABK 8 orang serta memuat pupuk, granit dan bahan kelontong lainnya yang dinakhodai oleh Jefri (42).

“Pada Hari Senin tanggal 11 Juli 2022 sekitar pukul 16.50 WIB diperoleh informasi bahwa KLM. Maju Indah telah tenggelam di perairan Gosong Aling Selat Karimata,” terang Danlanal.

Merespon peristiwa tersebut, selanjutnya Danlanal Ketapang berkoordinasi ke Satuan atas dalam hal ini Koarmada I dan Guspurla Koarmada I untuk permohonan menggerakkan unsur KRI yang berada di Ketapang. Pukul 17.30 WIB
KRI Sembilang-850 yang saat itu sedang sandar di dermaga umum Ketapang segera berangkat menuju TKP dan tiba pada dinihari Selasa 12 Juli 2022.

“Saat itu juga langsung dilaksanakan pencarian pada posisi 03° 23.00′ S – 110° 7.00′ T. Sekitar pukul 09.05 WIB ABK. KLM. Maju Indah mulai ditemukan sebanyak delapan orang dalam keadaan terapung apung dengan menggunakan alat keselamatan kapal. Posisi ditemukannya ABK KLM Maju Indah sejauh 5 Nm arah Utara dari posisi tenggelamnya kapal. Seluruh ABK berhasil di evakuasi ke KRI Sembilang-850 sedangkan KLM Maju Indah beserta muatannya tenggelam di perairan sekitar Gosong Aling,” ujar Danlanal Ketapang.

Menurut Letkol Laut(P) Bambang Nugroho, Berdasarkan keterangan ABK KLM. Maju Indah, kapal tenggelam karena cuaca buruk sehingga air masuk dan kapal tidak dapat diselamatkan, akhirnya tenggelam. Ketinggian gelombang laut pada saat kejadian kurang lebih 2- 2,5 m.

Pada hari Selasa sore KRI Sembilang-850 tiba di Pelabuhan Umum Pelindo, Ketapang untuk menyerahkan seluruh ABK kepada Lanal Ketapang dengan disaksikan oleh aparat/instansi terkait. Selanjutnya seluruh ABK diperiksa kondisi kesehatannya oleh Tim Medis Lanal Ketapang dan tim medis dari Karantina Kesehatan Pelabuhan dan dinyatakan seluruhnya dalam keadaan sehat.

Selanjutnya Danlanal menyerahkan ABK KLM Maju Indah kepada perwakilan keagenan kapal dan direncanakan hari Rabu 13 Juli 2022 akan dipulangkan ke Pontianak dengan didampingi perwakilan keagenan Kapal tersebut.

Respon cepat Danlanal Ketapang sejalan dengan perintah Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah selain dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut juga untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna laut termasuk kegiatan SAR.

” Upaya penyelamatan ini sebagai implementasi pelaksanaan perintah harian Pimpinan TNI AL, KASAL Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personil maupun Alutsista untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanggulan bencana dan SAR,”pungkas Danlanal.

Penulis: Ali

Sumber : penlanalktp.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.