Kapolres Kayong Utara Pimpin Proses Evakuasi Penumpang Terdampar

Kapolres Kayong Utara, AKBP Arief Hidayat saat berada ditengah para penumpang terdampar Sabtu(16/07) malam, foto: Humas

Silabusnews.com,Kalbar, Kayong Utara – Telah terjadi Peristiwa terdamparnya Speed Boat Sinergi Cipta Mandiri di perairan Pelintu Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara pada Sabtu (16/07/2022).

Speed Boat Sinergi Cipta Mandiri tersebut berangkat dari Pelabuhan Kapuas Indah kota Pontianak dengan tujuan Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara dengan membawa 30 penumpang terdiri dari 25 dewasa, 5 anak.

Kapolres Kayong Utara, AKBP. Arief Hidayat, S.H., S.I.K memimpin langsung proses evakuasi terhadap para penumpang yang terdampar di pinggiran pantai Pelintu. turut hadir pula Ketua DPRD Kab Kayong Utara, Kasat Samapta beserta anggota Sabhara Polres Kayong Utara dan Polsek Sukadana, BPBD, dan masyarakat umum.

Kapolres mengatakan, Berdasarkan informasi yang disampaikan salah satu penumpang, kejadiannya pada saat speed Sinergi jurusan Pontianak- sukadana sedang menuju ke muara sukadana menuju ke pelabuhan, karena gelombang yang kuat dan tinggi disertai angin kencang menyebabkan kaca depan pecah, serta persediaan BBM yang sedikit terpaksa speed menepi ke lokasi terdekat.

“Hal itu dilakukan gar para penumpang tetap selamat, maka menepilah speed tersebut di pantai pulau Sepintu, Desa Gunung Sembilan Tambak Rawang, kemudian penumpang memilih jalur darat melewati hutan yang ada di bukit sepintu menuju ke Tambak Rawang,”kata Arief.

“Peristiwa tersebut terjadi karena adanya cuaca buruk disertai angin kencang, mengakibatkan gelombang yang tinggi sehingga speed boat tidak bisa kendalikan dan terdampar,” tambah Arief.

Dengan adanya peristiwa tersebut, Kapolres menghimbau agar pengusaha transportasi membekali atau membawa BBM yang cukup, sebagai cadangan untuk antisipasi keadaan cuaca buruk dan gelombang yang tinggi sehingga bisa mencari pelabuhan yang terdekat. Dan dilakukan pengecekan manifes terhadap calon penumpang supaya tidak terjadi over kapasitas penumpang dan barang.

“Sementara untuk saat ini, kondisi ke 30(tiga puluh) orang penumpang Speed boat setelah dievakuasi dalam keadaan selamat dan sehat,”pungkas Kapolres.

Penulis: Ilham/Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.