Jaringan Pipa Air Bersih 4,3 KM Selesai Dibangun, Tinggal Pengoperasian SPAM IKK Karimun

Karimun, Silabusnews.com – Pengerjaan jaringan Perpipaan SPAM IKK Karimun untuk wilayah kecamatan Meral Barat yang dikerjakan oleh PT Pinang Multicon Propertindo.

Pengerjaan jaringan pipa air bersih saat ini sudah selesai dikerjakan dengan Anggaran Rp1.775.068.972.65 yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( KPUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau.

Pembangunan jaringan pipa air bersih sepanjang 4,3 kilometer tersebut nantinya akan melayani pelanggan diwilayah kecamatan Meral Barat dan sekitarnya.

Sudah selesai pengerjaannya dan sekaligus uji coba pipa yang menggunakan tiga pipa , dengan ukuran diamter yang berbeda dimulai dari pipa ukuran 2 inc dengan panjang 3,3 kilometer,
kemudian yang 3 inc hanya 400 meter dan 4 inc 600 meter,”. kata Kontraktor Pelaksana, Salahudin Senin (11/11) seperti dikutip dari Media Batam Post.

Dia mengatakan, masing-masing pipa air tersebut ada fungsinya sesuai kebutuhan. Dengan demikian, pihaknya sudah tidak ada pekerjaan lainnya. Sedangkan, untuk serah terima kepada PD PDAM Tirta Karimun yang akan menggunakan jaringan pipa tersebut,”tuturnya.

Salahudin mengungkapkan untuk soal penyerahan itu menurutnya, tergantung dari pihak PUPR Provinsi Kepri, kapan akan diserahkan kepada daerah. Kita hanya pengerjaan saja, ” Insyallah, mutunya kita jamin bagus. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan masyarakat nanti,” ucapnya.

Sementara itu Dirut PDAM Tirta Karimun Indra Santo ketika dikonfirmasi Silabusnews com mengatakan, pihaknya sedang menunggu penambahan daya listrik untuk pengoperasian SPAM IKK Karimun, ungkapnya.

Dengan pemasangan pipa air tersebut , sehingga bisa beroperasi secara maksimal untuk mendistribusikan air bersih kepada pelanggan baru maupun pelanggan lama disekitar wilayah kecamatan Meral dan Meral Barat.’

Indra Santo mengungkapkan, Saya mohon maaf, prosesnya agak terlambat dalam pengoperasian SPAM IKK Karimun yang akan terkoneksi dengan IPA Sei Bati nantinya.

” Kemarin, sudah dilakukan uji coba terhadap jaringan perpipaan,” katanya.

Indra Santo menambahkan, dalam penyambungan pipa distribusi air bersih kepada pelanggan pada tahun 2018 sama 2019 sudah tersambung 13 kilometer.

Indra mengatakan, dengan penyambungan pipa air tersebut , nantinya akan memproduksi air bersih 120 liter per detik ketika SPMA IKK Karimun sudah beroperasi,” tuturnya.

Untuk itu , kedepan kendalanya akan dilakukan secara bertahap. Dia mengungkapkan, Untuk proses memperbaiki infrastruktur pipa memang cukup berat mengingat kebanyakan pipa sudah berusia puluhan tahun dan sering kali pecah dan bocor.

” Untuk peremajaan pipa terus kita lakukan secara berkesinambungan. Semuanya, harus diperhitungan dengan kondisi keuangan kita,” ungkapnya.

(Mes)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.