Gasing dan Jong Jadi Primadona Festival Permainan Rakyat Bintan

Pj. Sekda Bintan, Ronny Kartika saat mencoba permainan pada festival pesta permainan rakyat.

Bintan, Kepri – Festival Permainan Rakyat menjadi rangkaian terakhir dari peringatan Hari Jadi Bintan ke 74. Masyarakat yang tumpah ruah menjadi saksi semaraknya kegiatan budaya era kekinian ini.

Lomba Jong (perahu layar tanpa awak) yang dikenal dengan Jong Race kembali menyita perhatian masyarakat yang memadati pesisir pantai Area Ex Gedung MTQ Teluk Bakau. Puluhan peserta dari berbagai wilayah Bintan dan Tanjungpinang membawa Jong dengan layar khas berwarna yang menyajikan keindahan tersendiri.

Sementara untuk lomba Gasing, para pemain dari kategori anak-anak dan dewasa terlihat dengan mantap memutar serta memangkah gasing lawan. Permainan tradisional satu ini memang sangat menghibur, di samping juga sebagai ajang silahturahmi dan pelestarian budaya.

Hal itu selaras dengan yang disampaikan oleh Bupati Bintan yang diwakili Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, saat membuka kegiatan festival. Ronny mengatakan bahwa event ini bukan sekedar hiburan, namun fokusnya bagaimana menumbuhkan kembali pengenalan dan kecintaan generasi muda terhadap permainan-permainan tradisional yang sangat terkenal dulunya.

“Event ini akan coba kita laksanakan secara rutin sebagai event tahunan. Harapan kita selain ajang mempererat kebersamaan, ini juga melestarikan dan mengenalkan kembali anak cucu kita akan kekayaan budaya nenek moyangnya” ungkapnya, Minggu (18/12/2022)

Festival Permainan Rakyat ini sebelumnya dimulai pada Sabtu malam dengan penampilan Makyong, Joget Dangkong dan Tari Kreasi. Selain Jong dan Gasing, juga digelar perlombaan berbalas pantun mulai dari kategori anak-anak hingga dewasa.

*/PS

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.