Bakar Lahan Seorang Warga KKU Jadi Tersangka

MS bin DK tersangka Pelaku Karhutla. Foto: Humas Polres Kayong Utara

Sialbusnews.com, Kayong Utara – Polres Kayong Utara berhasil mengamankan seorang warga yang disangkakan sebagai pelaku Karhutla. Hal tersebut terungkap melalui Press Release Polda Kalbar yang disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go pada Selasa(02/03/2021).

Kapolres Kayong Utara, AKBP Bambang Sukmo Wibowo, S.IK., S.H.,M.Hum., melalui Kasat Reskrim AKP David Dino Dipahutar,S.H saat di konfirmasi menjelaskan, pengamanan seorang warga saat Regu Patroli Siaga Karhutla dari salah satu perusahaan perkebunan sawit di wilayah Kecamatan Simpang Hilir melakukan Patroli.

“Pada hari Rabu tanggal 10 Februari 2021 sekira jam 10.20 Wib pada saat Regu Patroli Siaga Karhutla PT. CIPTA USAHA SEJATI (PT. CUS) sedang melaksanakan Patroli, ditemukan kepulan asap di Blok D04 Divisi 1 Kebun Mabali 3, saat didatangi ditemukan Pelaku berinisial sedang membakaran semak semak di area perkebunan kelapa sawit,”jelas AKP David.

Menurut AKP David, Regu Patroli Karhutla berupaya mencegah agar kebakaran tidak meluas namun dihalangi oleh Pelaku berinisial MS bin DK dengan alasan akan membuka lahan untuk menanam Cabai, namun Regu Patroli Karhutla tetap melakukan pemadaman api dengan alat seadaanya sehingga api tidak meluas.

“Namun akibat perbuatan Pelaku MS tersebut 3 Pokok Sawit usia tanam 4 (empat) tahun ikut terbakar, dan luas area yang terbakar sekitar 0,02 Hektar, setelah api berhasil dipadamkan kemudian Regu Patroli Karhutla mengamankan Pelaku ke Polsek Simpang Hilir, atas kejadian tersebut PT. CIPTA USAHA SEJATI mengalami kerugian Rp. 1.495.000,- (Satu juta empat ratus sembilan puluh lima ribu rupiah),”lanjut Kasat.

Humas PT. CUS Hidayat kepada media ini menjelaskan memang benar adanya kebakaran yang terjadi di lokasi perkebunan.

” Warga Dusun Selubuk, Desa Lubuk Batu Pak.
Keterangan dari tim di lapangan, pada saat api dipadamkan oleh tim kebun, yang berangkutan menghalangi dan terjadi tengkar mulut dengan tim di lapangan.
Dan api cepat dapat diatasi oleh tim damkarhutla perusahaan.
Selanjutnya terduga pelaku tersebut diamankan dan diantar ke Polsek.Simpang Hilir untuk proses lanjut,” terang Hidayat.

Menurut Hidayat Banyak beredar informasi simpang siur dan negatif ke Perusahaan dan juga kepada dirinya.

“Mohon bantu untuk semua dapat memahami, bahwa tujuan kita bersama adalah untuk tujuan yang lebih mulia, krn dampak karhutla itu sangat luar biasa.
Selama ini Perusahaan sudah melakukan upaya sosialisasi dan pembinaan kepada warga dan stakeholder terkait, utk bersama sama dalam pencegahan, dan penanggulangan Karhutla, sehingga upaya hukum terhadap pelaku yang tertangkap tangan dengan sengaja membakar lahan, adalah sebuah tindakan yang wajar dan mesti dilakukan untuk memberikan kesadaran yang lebih tinggi kepada semua pihak ke depannya,” ujar Hidayat.

Kades Lubuk batu melalui Sambungan WhatsApp saat di hubungi, mebenarkan ada warganya yang diamankan pihak Kepolisian.

Menurut Ibnu warga diamankan lantaran bakar ubi.

“Untuk yg d kayong itu sepertinye warge sy pa,, tapi itu menurut sy agak tidak masuk akal bakar ubi berujung polisi,”Kata Ibnu.

Atas perbuatannya pelaku disangkakan melanggar Pasal 187 KUHP Jo 188 KUHP.

“Tindak Pidana barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran, ledakan atau banjir sebagaimama dimaksud dalam Pasal 187 KUHP atau karena lalainya (kealpaan) mengakibatkan kebakaran, ledakan atau banjir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 188 KUH,”pungkasnya.

Penulis: Ali

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.