Wakapolda Kepri Pimpin Tradisi Pembaretan Personel DIT SAMAPTA Polda Kepri

Wakapolda Kepri Pimpin Pembaretan Personel DIT SAMAPTA,5 Perwira remaja dan 113 Bintara remaja.( f. Humas Polda Kepri )

Batam, Silabusnews.com – Sebanyak 5 Perwira Remaja dan 113 Bintara Remaja Dit Samapta Polda Kepri menjalani tradisi Pembaretan bertempat di Palm Springs, Nongsa Kota Batam.

Dalam tradisi pembaretan pada tahun 2019 ini mengangkat tema ″Dengan Semangat Promoter Ditsamapta Polda Kepri Siap Menjadi SDM Polri Yang Unggul Untuk Mewujudkan Indonesia Maju″.

Kegiatan Pembaretan dipimpin langsung oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, M.H. dan turut dihadiri oleh Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Kapolresta Barelang, dan Instruktur Ditsamapta Polda Kepri serta para Perwira dan Bintara Remaja Ditsamapta Polda Kepri, Selasa (5/11/2019).

Sebelumnya, tradisi pembaretan diawali dengan Long March yaitu perjalanan jarak jauh yang dilakukan dengan berjalan kaki, berenang dan lari dimulai dari Polda Kepri menuju Palm Spring, dan pengambilan Baret Disamapta.

Dalam sambutan Kapolda Kepri yang dibacakan oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. H. Yan Fitri Halimansyah , M.H menyampaikan, tradisi pembaretan terhadap Bintara remaja adalah suatu tradisi yang setiap tahun dilaksanakan bagi Bintara yang baru selesai melaksanakan pendidikan pembentukan sebelum diangkat menjadi anggota Samapta”, ujar Wakapolda Kepri.

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah menuturkan, ” untuk tradisi pembaretan terhadap Bintara remaja harus terlebih dahulu diperkenalkan dengan kemampuan teknis dan taktis Kesemaptaan hal ini bertujuan agar para Bintara Remaja dalam melaksanakan tugas dengan Profesional dan terampil”, ungkap Yan Fitri Halimansyah.

Tugas di fungsi Samapta adalah sebagai Backbone (Tulang Punggung) bukanlah tugas yang ringan dibutuhkan ketahanan fisik dan kedewasaan dalam sikap dan penampilan, hal ini dikarenakan tugas-tugas Samapta berada terdepan dan berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga para Bintara harus memiliki 6 kemampuan Samapta yaitu kemampuan Turjawali (Pengaturan, Penjagaan,Pengawalan dan Patrol), kemampuan Dalmas, kemampuan Tipiring, kemampuan TPTKP, kemampuan Negosiasi dan kemampuan SAR, jelas Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah.

Wakapolda Kepri juga berpesan kepada seluruh Personel Ditsamapta untuk terus meningkatkan sinergitas TNI – Polri, karena TNI – Polri merupakan tonggak keutuhan NKRI, jalun terus kerjasama lintas fungsi dan lintas sektoral dengan instansi terkait guna kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan tugas, hilangkan sikap – sikap arogan dan sok kuasa dalam pelaksanaan tugas. jaga kesehatan dan terus melaksanakan olahraga guna menjaga kebugaran tubuh,”terangnya.

(Mes)

Rilis: Humas Polda Kepri

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.