oleh

Tidak Ada Kata Lain Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Silabusnews.com,Natuna – Kecelakaan di dalam bekerja adalah merupakan sebuah kejadian yang datang tidak terduga duga. Seorang pekerja pasti tidak ingin mengharapkan sebuah kecelakaan atau insiden saat bekerja terjadi. Aktifitas kerja identik dengan tenaga dan pikiran,berhubungan langsung dengan kesehatan para pekerja itu sendiri.

Karakteristik dari ornamen pekerjaan tentu mempunyai berbagai macam tingkat kesulitan dan tingkat kerawanan kecelakaan. Terlebih lagi tingkat kebutuhan kemampuan diri (Knowledge), artikulasi fundamental menghadapi konsekuensi resiko sebuah tanggungjawab pekerjaan tentang keselamatan dan kesehatan kerja. Tanggap menganulir dan atau membaca dampak-dampak yang akan timbul dari suasana atau kondisi aktifitas bekerja.” Nilai tambah menuju konsep kesadaran,secara tidak langsung menciptakan keselamatan pada diri sendiri dan atau pada rekan kerja,saat melakukan aktifitas sebuah pekerjaan.

Kesadaran terhadap keselamatan kerja tidak akan muncul,apabila tidak memulainya dari konseptual pribadi,managemen,serta komunitas pengawasan ruang lingkup berupa tenaga ahli bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Benar-benar kredibel,Responsif,tanggungjawab.”Bukan hanya sekedar bisa menjawab tapi tidak tanggungjawab dalam poin pelaksanaan di lapangan”.

Momentum kesadaran tentang keselamatan kerja tidak bisa ditawar-tawar, atau dianggap sepele. Berhubungan langsung dengan kontekstual kehidupan seseorang atas kewarganegaraannya dalam bekerja,hadirnya negara melalui Dinas tenaga kerja, Negara memberikan perlindungan terhadap pekerja. Mengharapkan kesadaran semua pihak atas kebutuhan yang dibutuhkan. Diarahkan,diperintahkan dan diamanatkan aturan dan peraturan berlaku,kita ketahui undang undang Ketenagakerjaan.”

Dalam hal ini negara telah menunjukkan keseriusan memberikan perlindungan bagi pekerja. Dinamika sistem managemen penerapan dalam rangkuman yang global, terkait undang undang tenaga kerja Nomor 1 Tahun 1970 dan atau yang lain sebagainya. Sebuah kewajiban dilaksanakan dalam mengupayakan memperkecil dan atau harapannya meniadakan kecelakaan saat bekerja.

Menciptakan sebuah kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja, tidak tertutup kemungkinan harus mengenyampingkan seribu alasan. Mau tidak mau,suka tidak suka,pekerja harus mentaati dan mengindahkan seluruh arahan yang bersumber dari Standar Operasional Prosedur (SOP) keselamatan dan kesehatan kerja yang ada. Apabila tidak ada SOP keselamatan kerja dilingkungan tempat bekerja,tentu para pekerja tidak akan tahu eksistensi apa yang harus di kedepankan, dan juga bisa disimpulkan sudah bertolak belakang dari prinsip amanat undang undang Ketenagakerjaan yang berlaku.

SOP keselamatan kerja disusun oleh fungsinya tenaga ahli keselamatan dan kesehatan Kerja tidak tertutup kemungkinan merupakan sebuah kata kunci untuk menilai Kesadaran semua pihak. Berhubungan langsung di tempat kerja. Disamping fungsional tenaga ahli memberikan pengawasan maksimal demi tercapainya kondisi keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja dilingkungan tempat bekerja ( Safety Under Control).

Salah satu contoh bentuk kesadaran dilokasi tempat bekerja,bagi yang mempekerjakan tenaga manusia,menyediakan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K/First Aid Box). Upaya memberikan pertolongan pertama kepada pekerja ketika terjadi sesuatu hal bersifat insiden,mencegah inspeksi akibat luka dan atau lain sebagainya melukai kulit. Bukan basa basi akibat luka dari benda tajam dilokasi,dapat mengakibatkan fatal bagi pekerja apabila tidak dilakukan dan atau tidak diambil tindakan pertolongan pertama,selanjutnya dibawa kerumah sakit terdekat bila dianggap perlu.

Kesadaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja tidak akan pernah habis habisnya,merupakan sesuatu hal yang dianggap penting. Mengingat dan menimbang jiwa manusia yang tidak luput atas kebutuhan sebuah pekerjaan dan para yang mempekerjakan orang,dalam sebuah prinsip Kemanusian,berupa tanggung jawab moral antar sesama manusia seutuhnya.” Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu kebutuhan bersama. (Lubis)

Abdullah Lubis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed