Tidak Ada Kasus Corona di Karimun , Kadinkes Karimun Minta Warga Tidak Panik

Karimun , Silabusnews.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Rachmadi menegaskan, tidak ada warga di Karimun yang positif terinfeksi virus Corona seperti pesan WhatsApp yang telah menyebar . Untuk itu Rachmadi meminta, masyarakat tidak panik dengan informasi yang berkembang bahwa ada satu warga di RSUD Muhammad Sani yang terinfeksi virus Corona tersebut.

“Sampai hari ini, tidak ada warga Karimun yang terinfeksi Corona. Semua masih aman-aman saja, untuk itu saya minta masyarakat tidak perlu panik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun didampingi kepala RSUD Muhammad Sani Zulhadi kepada pers, Jum’at (31/1/2020).

Sebelumnya, sejumlah warga Karimun diibuat panik dengan beredarnya whatsap yang berisikan pesan bahwa ada anak yang baru pulang dari luar negeri kini dirawat di RSUD Muhammad Sani. Informasi ini kemudian dicek kembali, namun warga yang disangkakan terkena virus Corona tersebut ternyata hanya sakit demam biasa, ujar Kadinkes Karimun, Rachmadi.

Sementara itu Kepala RSUD Muhammad Sani , Zulhadi mengakui, sebelumnya ada pasien yang baru saja datang dari luar negeri mengeluhkan sakit flu, batuk dan demam ke dokter . Pasien tersebut juga sudah diperiksa, dan dari hasil pemeriksaan dokter menyatakan dia hanya demam biasa, dan bukan virus Corona, ungkap Zulhadi.

Dikatakannya, pasien tersebut yang tadinya diduga terinfeksi virus Corona itu diketahui beberapa waktu yang lalu pergi ke Malaysia- Singapura pada Jum’at 24 Januari 2020 , tiba di Karimun tanggal 26 Januari dengan menumpangi kapal laut melalui Pulau Batam . Pada Kamis, (30/1) pukul 19:00 Wib malam pasien masuk ke UGD RSUD Muhammad Sani. Kedatangannya itu mengeluhkan sakit panas, batuk dan flu.

“Dari hasil pemeriksaan dokter, dia hanya demam biasa dan kini sudah pulang ke rumah. Jadi, informasi soal ada warga di Karimun terinfeksi virus Corona itu sampai hari ini masih aman dan bebas dari virus Corona,” tegas kepala RSUD Muhammad Sani Zulhadi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi menghimbau agar masyarakat jangan cepat panik, dan jika menerima informasi seperti itu secepatnya melakukan konfirmasi. Dikatakannya, mengantisipasi penyebaran virus Corona, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah melakukan rapat koordinasi lintas sektor dengan stakeholder terkait, dan mengambil langkah-langkah antisipatif, pungkasnya.

(Mes)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.