oleh

Tersangka dan Barang Bukti Penangkapan Shabu,1.037 Ton.di Limpahkan Ke Kejaksaan Agung RI.

Bintan silabusnews.com – Kepala Badan Narkotika Nasional RI Komjen Pol Heru Winarko, penyidikan penangkapan 1,037 ton sabu,7 Pebruari 2018 lalu, yang di angkut dengan kapal ikan berbendera singapore bernama SUNRICE GLORI di selat philip perairan batam telah selesai dan berkas perkara telah di nyatakan lengkap.( P- 21 ) ” BNN menyerahkan empat orang tersangka dan barang bukti berupa 1.037 ton sabu serta kapal MV SUNRICE GLORI kepada Dir Narkoba Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di dermaga Fasharkan TNI AL Mentinggi, Tanjung uban, Bintan senin pagi 4/6/2018

Komjen Heru Winarko yang didampingi oleh Deputi Pemberantasan Narkoba BNN RI, Irjend Arman Defari mengucapkan trimakasih atas kerja sama semua instansi,masalah pencegahan pemberantasan penyalahgunaan narkotika bukan hanya tugas BNN, tetapi juga semua pemangku kepentingan menjadi tanggungjawab kita  bersama.

Berkat kerja sama kita bisa menangkap masuknya narkoba melalui jalur laut ini adalah salah suatu bentuk kerjasama antar lintas instansi,dengan informasi yang ada kita taluhkan dan  saling berkoordinasi bersama TNI Al dan Bea Cukai sehingga berhasil amankan MV Sunrise Glory bermuatan 1,037 ton shabu dan menangkap pelaku pelakunya. Ini suatu tanggung jawap kita, terus menerus untuk meniadakan masuknya narkoba ke wilayah indonesia yang kita cinta ini.
Bukan saja melalui lewat darat,Laut, dan sarana-sarana yang lain kita jaga bersama.

Tambahnya,kita saksikan bersama juga menyerahkan barang bukti narkoba kepada Dir narkoba kejagung RI. sebangian di sisihkan untuk barang bukti di persidangan dan yang selebihnya di musnahkan beberapa minggu yang lalu di silang monas jakarta pusat.Tahap kedua menyerahkan tersangka,dengan barang bukti narkoba dan juga kapal yang di gunakan sebangai sarana untuk mengangkut narkoba tersebut,masuk ke perairan indonesia.

Dengan berkat kerja sama ini,dan juga banyak informasi dari badan kerja nasional,bersama sama.Bahwa Narkoba adalah musuh kita bersama.
Disini pran kita semua,kita harapkan bersama sama dari pihak kepolisian bhabinkamtibmas,dan pemerintahan kelurahan,kepala desa,Rt/Rw,TNI,Babinsa dan yang lain lainnya,bangaimana kita bersama sama menciptakan desa kita bersih dari narkoba,ungkapnya.

Sementara itu, sambutan Dir Narkoba Kejagung RI, Dedy Siswadi mengatakan, sebangaimana kita ketahui bersama tindak pidana narkotika kecendrungan semakin meningkat baik secara kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah yang luar biasa besar,bahkan yang tadinya di lakukan beberapa orang,tapi kini sudah merupakan suatu sindikat yang ter organisir dengan jaringan yang luas berkerja secara rasi sangat rahasia dan terselubung baik di tingkat nasional dan internasional.

kejaksaan sebangai lembaga penuntut umum negara,berdasarkan ajas domi yuridis,sebagai pengendali perkara,perkara dapat di limpahkan ke pengadilan,dinyatakan bahwa tersangka atas nama, 1.CHEN CHUNG NAN,2.CHEN CHIN TUN,3.HUANG CHING AN,4.HSIEH LAI FU.dengan barang bukti narkotika jenis sabu,1.037 kilo gram.di nyatakan secara yuridis baik formil dan materil berkas perkaranya telah di nyatakan sudah lengkap.(P-21). pada tanggal 22 mei 2018.
Berdasarkan pasal 8 ayat 3, huruf B,hari senin 4 juni 2018,akan melimpahkan tersangka dan barang bukti dari penyidik BNN RI,kepada jaksa penuntut umum.

Berdasarkan pasal 13,14 dan 15 KUHP,
selanjutnya penuntut umum,menuntut perkara pidana yang terjadi dalam daerah hukumnya menurut ketentuan perundang undang yang berlaku.

Presiden RI Jokowidodo,berkomitmen penuh bahwa pemberantasan narkotika merupakan salah satu proritas utama,dalam hal ini kejaksaan mendukung kebijakan presiden RI dan berkomitmen penuh sepenuh penuhnya dalam hal pemberantasan tindak pidana narkotika.Oleh karna itu di butuh semangat sinergitas dalam penegakan hukum pemberantasan narkotika,baik antara jaksa penuntut umum dan penyidik dari BNN RI,maupun bareskrim mabes polri,dengan seluruh elemen sistim pelayanan pidana lainnya.
Hubungan kordinasi fungsional baik institutinasional,d i perlukan antara penyidik baik dari BNN RI, dengan bareskrim mabes polri, jaksa penuntut umum di seluruh indonesia,dengan penanganan perkara pidana demi suksesnya penetapan hukum.
Proses penyidikan yang baik dan lengkap secara yuridis, mutlak dan menjadi amunisi bagi jaksa penuntut umum untuk pembuktian suatu perkara pidana di dalam persidangan.
Mengakhiri.”Satukan Tekat buang ego sektoral,mari bergandeng tangan bersinergi dalam pemberantasan tindak pidana narkotika,guna menyelamatkan generasi bangsa terbebas dari narkoba.terangnya.(yogi)

“Kronologis kasus sabu”.
Awal bulan november 2017.Badan Narkotika Nasional.( BNN ) mendapatkan informasi adanya penyeludupan narkotika dalam jumlah besar yang di lakukan oleh jaringan taiwan dengan cara menggunakan kapal ikan yang di ketahui bernama SHUN DE MAN 66 yang masuk ke indonesia melalui perairan laut bangian barat indonesia.( Samudera Hindia ).
Selanjutnya BNN bekerja sama dengan satgas 115 KKP,TNI AL dan DitjendBea Cukai melakukan pemantauan terhadap kapal ikan bernama SHUNDE MAN,66,di perairan laut bangian barat samudera hindia yang di oleh Guskamla Armabar TNI AL.
Tanggal 7 Februari 2018 sekira pukul 14 wib.KRI SIGUROT 864, dibawah kendali Guskamlabar TNI AL,dakam rangka operasi Pamtas Indosin 2018.Melakukan patroli laut di perbatasan perairan indonesia – singapura,telah menangkap kapal ikan berbendera singapura bernama SUNRICE GLORI,yang memasuki wilayah perairan indonesia tepatnya di selat philip di batam.
Dua gari berselang,j um’at 9 Februari 2018,sekira pukul 18.00 Wib,timgabungan dari BNN RI,WQFR IV/ LANAL BATAM, dan Bea Cukai Pusat dan batam melakukan periksaan dokumen dan muatan di atas kapal,hasilnya, petugas mengamankan 41 karung berisi 1.019 bungkus sabu seberat total 1.037 ton,sabu di sembunyikan di dalam Palka bangian belakang kapal.
Kemudian jum’at 4 mei 2018 wakil presiden jusuf kalla di dampingi kepala BNN,Ketua DPR RI,Ketua DPD RI,Mentri kesehatan,Kabareskrim polri,memimpin pemusnahan barang bukti sabu tersebut di silang monas,jakarta pusat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed