Studi Tiru Untuk Masyarakat Pengrajin Tenun Di Bintan

Ketua Dekranasda Bintan, Hafizha saat mengunjungi Sentra Tenun di Bumi Mutiara Lombok, Rabu 07/12/2022

Bintan – Setelah beberapa waktu lalu Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bintan, Hafizha Ramadhani Putri mengunjungi Balai Diklat Industri (BDI) Padang dan Sentra Industri Pandai Sikek, kini beliau didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bintan Elyza Riani mengunjungi Kabupaten bumi mutiara tepatnya di Lombok Barat untuk melakukan studi tiru kerajinan tenun sekaligus teknik pengemasan dan pemasaran mutiara lombok yang sangat terkenal, Rabu (07/12/2022).

Hafizha melihat langsung sentra tenun di Dusun Panarukan Daye. Beliau melihat para pengrajin tenun lagi asyik menenun beberapa motif khas Lombok yang mana akqn dijadikan sebagai sarung maupun bahan dasar pembuatan pakaian.

Ketua Dekranasda Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Halid, pada saat memandu Hafizha dan rombongan, menyempatkan berbincang langsung dengan pengrajin, untuk melihat peluang bagaimana hal ini bisa dibawa dan diimplementasikan di Kabupaten Bintan.

“Alhamdulillah kita berkesempatan ke sini. Memang tujuan studi tiru ini kita ingin lihat langsung seperti apa prosesnya, bagaimana pengemasan sampai pemasarannya. Ini yang ingin kita adaptasi di Bintan,” ujarnya

“Saya yakin, SDM di Bintan juga mampu menciptakan sentra tenun dengan motif khas Bintan asal dibina dan terus mendapatkan pendampingan,” tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan Asy Syukri yang juga menjadi bagian dari rombongan turut optimis bahwa SDM Bintan punya potensi di sektor ini.

“Kita yakin SDM kita bisa, asal ada kemauan, belajar dan terus belajar. Tidak bisa secepat kilat pastinya, yang jelas butuh proses kemudian baru kita bisa lihat hasil” pungkasnya.

*/PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.