oleh

Polres Kayong Utara Lakukan Pengecekan Hewan Ternak Milik Warga Antisipasi Penyebaran Penyakit 

Waka Polres Kayong Utara Kompol Adi Nugroho sedang memeriksa kondisi Kambing milik warga” Senin (16/05/2022). Foto: Humas untuk Silabusnews.com

Silabusnews.com, Kalbar, Kayong Utara – Polres Kayong Utara melakukan kegiatan pengecekan hewan ternak Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ), di Desa Gunung Sembilan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara pada Senin (16/05/2022).

Pada kegiatan tersebut Kapolres Kayong Utara Arief Hidayat, S.H., S.I.K, diwakili Wakapolres Kayong Utara Kompol Adi Nugroho, S.H bersama KabagoOps AKP. Bambang Prihono melakukan pengecekan terhadap hewan ternak dan langsung bertemu dengan para pemilik hewan ternak Sapi dan Kambing.

Wakapolres mengatakan bahwa pihaknya telah menemui beberapa peternak.

“Yang telah ditemui diantaranya 1. Bapak Sudiyanto ( mempunyai 6 ekor sapi).
2. Bapak Sudi ( mempunyai 3 ekor sapi ).
3. Bapak Safi’i ( mempunyai 6 ekor kambing) ke” kata Waka Polres.

Selain melakukan pengecekan hewan, Adi Nugroho juga melakukan dialog dengan para pemilik ternak.

Dia menuturkan, menurut pemilik ternak terdapat 6 Jenis sapi di Desa Gunung Sembilan.

“Yaitu Jenis Limosin, Brahma , Bali, BO, Semintal dan Brahmus.
Biasanya hewan-hewan ternak tersebut disuntik pada masa kawin oleh petugas dari Dinas Peternakan,” tuturnya.

Lebih lanjut di terangkannya kegiatan yang dilaksanakan guna mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) pada hewan ternak.

” Kami sampaikan kepada para pemilik ternak apabila menemukan Gejala – gejala penyakit pada hewan miliknya , segera dilaporkan untuk dapat ditangani,” terangnya.

” Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) pada hewan ternak di wilayah Kabupaten Kayong Utara,” tutup Adi.

Waka Polres juga menghimbau kepada pemilik ternak yang ditemui agar informasi tentang Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) pada hewan, disampaikan juga kepada para pemilik ternak yang ada di Desa Gunung Sembilan.

Dari hasil pengecekan, belum ditemukan Hewan Ternak , baik Sapi maupun Kambing milik warga yang terkena Penyakit Hewan tersebut , semua masih dalam kondisi baik dan sehat.

Penulis: Ilham/Ali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.