Pesan Pangdam I/ BB Pada Penutupan TMMD Ke 105 : Pembangunan Harus Dijaga Dan Dipelihara

Karimun,silabusnews,com – Panglima Kodam I/Bukit Barisan,  Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah meminta sangat berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik program TMMD ke 105 Kodim 0317/TBK tahun 2019 yang telah dibangun,sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat.

Hal ini dikatakan Pangdam I/ BB, Mayor Jenderal MS. Fadhilah  saat memimpin upacara penutupan TMMD ke 105 Kodim 0317/TBK di Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (8 Agustus 2019).

Dalam sambutan, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah selaku Inspektur Upacara menyampaikan ” Selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-105 ini secara resmi  dibuka , para prajurit TNI, anggota Kepolisian, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 50 desa sasaran di 50 Kabupaten/Kota  di seluruh Indonesia.

Di setiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan
serta gotong royong yang terpancar  di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama- sama bekerja di lapangan.

Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Pada pelaksanaan TMMD kali ini kita  mengangkat tema “TNI Manunggal rakyat dalam Mewujudkan Desa yang  Maju, Sejahtera dan Demokratis.”

Tema ini sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan “Membangun Indonesia dari pinggiran.” Kebijakan ini  memberikan kesempatan untuk membantu  daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta memantapkan apa yang saya sebut sebagai Imunitas Bangsa.

“Perlu saya jelaskan, bahwa konsep Imunitas Bangsa pada dasarnya merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan TNI AD dalam memandang persoalan sosial, yang berakar dari perubahan sikap hidup dan pudarnya nilai nilai luhur budaya bangsa, seperti semangat untuk bersatu, menghormati perbedaan, pantang menyerah dan rela berkorban. Demikian bagian dari Amanat Kasad dalam TMMD tahun ini.

Selain itu , Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS.Fadhila  mengatakan, dalam TMMD 105 Kodim 0317/TBK juga melaksanakan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan serta narkoba, jelasnya.

Khususnya bagi generasi muda, agar memiliki karakter bangsa yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah serta kompetitif demi terciptanya kemandirian bangsa,” ungkapnya.

Pangdam I/BB menjelaskan, upacara penutupan TMMD  sekaligus menjadi menandai berakhirnya program TMMD ke 105 yang dilaksanakan secara serantak di enam wilayah Kodim jajaran Kodam I/BB, yakni Kodim 0209/Labuhan Batu, Kodim 0212/Tapanulk Selatan, Kodim 0313/Kampar, Kodim 0321/Rohil, Kodim 0304/Agam termasuk Kodim 0317/TBK, terangnya.

TMMD yang diprogramkan sebanyak 3 kali di tahun 2019 merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat. Pelaksanaan TMMD ke 105 diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan non fisik,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Karimun  Aunur Rafiq mengatakan, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa.ungkap Rafiq.

Selain itu. menurut Rafiq, TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa.Tapi, dalam TMMD juga membangunkan semangat dan kemandirian masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi, imbuhnya.

Semua bahu membahu, memberikan sumbangan, materi, pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga serta keterampilan. Pemkab Karimun akan membantu dan terus mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga serta memelihara pembangunan-pembangunan TMMD yang telah dibangun,” kata  Rafiq saat memberikan keterangan kepada awak media.

Acara tersebut turut didampingi oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Danlantamal IV/Tanjungpinang, Asterdam, Asopsdam, Waasinteldam, Kapendam I/BB, Kasrem 033/WP.

Serta turut  dihadiri pimpinan OPD Karimun, Camat, Lurah, Kepala Desa, Ormas, OKP, perbankan serta para pengusaha.

(Nababan)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.