PENGARUH E-COMMERCE DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT.”

0
97

Tanjung Pinang silabusnews.com -E-Commerce atau Electronic Commerce adalah metodologi bisnis modern yang membahas kebutuhan organisasi bisnis, vendor dan pelanggan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas barang dan jasa sekaligus mempercepat waktu pengiriman.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Kemudian pada tahun 1995 Internet di Indonesia menunjukkan, bahwa media ini merupakan mangsa pasar yang baik. Tidak hanya itu, banyak bermunculan wiraswasta yang besar dari Internet ini. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang telah mengubah cara kerja mereka memanfaatkan Internet sebagai bagian dari pemasaran mereka.  Hingga saat ini ada beberapa perusahaan e-commerce yang namanya kita kenal di Indonesia yang terus berinovasi dalam upaya menarik pembeli, diantaranya; Tokopedia, blibli.com, tokobagus.com, dsb. Penerapan e-commerce di Indonesia mampu meningkatkan kinerja penjualan sekitar 20% karena mampu meningkatkan efisiensi, sehingga harga lebih kompetitif

“Sebagai pekerja, saya lebih banyak menghabiskan waktu saya di kantor sehingga sulit menyempatkan diri untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Namun dengan adanya e-commerce, sangat membantu saya untuk bisa mendapatkan kebutuhan yang saya mau tanpa harus terhalang oleh jarak dan waktu. Dengan harga yang kompetitif, produk yang beragam, penawaran istimewa dan pelayanan yang cepat dan ramah, e-commerce merupakan salah satu pelayanan/jasa yang sangat diperhitungkan di zaman yang serba instan ini.”

Kemajuan teknologi komputer dan komunikasi seharusnya meningkatkan kualitas hidup kita, maka tingkat kewaspadaan dan kesadaran akan keamanan harus selalu jadi hal utama yang diperhatikan. Karena setiap kelebihan yang dimiliki suatu produk pasti tetap ada kekurangan nya.
(Dyah Damayanti, Siswi STIE Pembangunan Tanjungpinang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.