oleh

Pemkab Bintan Gelar Rakor Gugus Tugas KLA Tahun 2022

Sekretaris Daerah Bintan, Adi Prihantara saat memimpin Rakor KLA, Jum’at, 25/02/2022 ( Foto Diskominfo Bintan)

Silabusnews.com, Bintan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, melalui Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Bintan, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) menuju ke Tingkat Nasional di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan, Jum’at (25/02/2022) siang.

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Dearah (Sekda) Kabupaten Bintan, Drs Adi Prihantara, M.M., dan dihadiri sejumlah OPD Bintan serta stake holder terkait, dalam rangka evaluasi penyediaan data, untuk penilaian KLA Tahun 2022.

Adi Prihantara menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bintan senantiasa berkomitmen dalam pemenuhan kebutuhan anak di Kabupaten Bintan.

“Untuk itu, dibutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk peran yang diperlukan dalam bentuk program dan usaha yang harus bisa memberikan pelayanan yang ramah anak,” paparnya

“Berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu, tentu harus diperbaiki dan dijadikan masukan, dan kita harus memiliki interpretasi , persepsi dan sudut pandang yang sama, agar bisa berjalan maksimal dan tercapai bagaimana peran pemerintah dalam memberikan pelayanan ramah anak,” lanjutnya

“Jadi, melalui gugus tugas hendaknya dapat diwujudkan dalam bentuk program dan usaha disemua leading sektor, ” tegasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Bintan, Aupa Samake menuturkan, bahwa variabel KLA terdapat lima kluster yang harus dipersiapkan.

“Diantaranya hak sipil dan kebebasan, hak pengasuhan atau pengasuhan alternatif, hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan budaya, hak kesehatan dan kesejahteraan serta hak perlindungan,” rincinya.

Dijelaskannya juga, bahwa variabel KLA sangat banyak, diantaranya menyediakan taman, sekolah, dan fasilitas lainnya yang ramah anak. Sebagai informasi, pada tahun 2018, 2019 dan 2021 , Kabupaten Bintan acapkali mendapatkan penghargaan KLA di tingkat Nasional.

“Target pada tahun ini tentu, Pemkab Bintan bisa kembali mendapatkan penghargaan KLA, serta dapat meningkatkan indikator variabel. Sehingga hal ini diperlukan dukungan dari semua pihak untuk mewujudkannya,” pungkasnya.

*/PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.