oleh

Pelatihan Water Rescue Kabupaten Muara Enim Sukses

Seketaris Daerah Muara Enim, Drs. H. Emran Tabrani, M.Si, menyerahkan cwnderamata kepada BASARNAS dalam Pelatihan Water Rescue Kabupaten Muara Enim, Selasa 22/03/2022 (Foto Aguswan)

Silabusnews.com, Muara Enim – Kantor Pencarian dan Pertolongan atau yang kerap disebut Search And Rescue (SAR) Palembang, menggelar pelatihan Water Rescue kepada potensi SAR di Kabupaten Muara Enim, yang digelar sejak 21-26 Maret 2022, Selasa (22/03/2022)

Pelatihan ini diikuti 50 orang peserta, yang terdiri dari 20 personil berasal dari unsur TNI/Polri, serta instansi pemerintah dan 30 peesonil berasal dari perangkat desa.

Pelatihan Potensi SAR kali ini mengusung tema “Melalui Pelatihan Potensi SAR Di Permukaan Air (water rescue), kita tingkatkan koordinasi dan Kualitas Sumber Daya Manusia, guna untuk mendukung keberhasilan operasi SAR yang cepat, tepat dan handal.

Bunyi dari tema ini sesuai dengan program BASARNAS Cepat Tanggap Untuk Indonesia maju di wilayah Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara EnimTahun 2022.

Pelatihan potensi SAR ini dibuka oleh Seketaris Daerah Muara Enim, Drs. H. Emran Tabrani, M.Si, Kepala Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan Ir. Yulius M.Si , Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim Abdurrozieq Putra di aula serba guna Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, serta dihadiri oleh Unsur Forkopimda.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang, Hery Marantika, S.H., M.Si., menjelaskan bahwa, pelatihan potensi SAR ini sudah menjadi agenda tahunan dalam program kerja Basarnas Palembang, dimana pada tahun sebelumnya sudah dilaksanakan di Kabupaten Musirawas dan Kabupaten OKU Selatan,” jelasnya.

Pelatihan ini kita laksanakan dengan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan, seperti melaksanakan rapid antigen kepada seluruh peserta, mencuci tangan, menjaga jarak dll guna mencegah penyebaran virus covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Inspektur Basarnas , Brigadir Jenderal TNI Chanlan Adilane, S.I.P., M.A.P., yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa sesuai amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS), memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan Potensi SAR ke semua kalangan di seluruh penjuru tanah air.

“Kami menyadari dengan terbatasnya SDM yang kami miliki, keterlibatan potensi SAR sangat membantu dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan menjadi penting, karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri, jadi upaya ini menjadi bagian dari membangun karakter bangsa dan pencegahan di bidang SAR (SAR Preventive),” terangnya

Menginggat semakin hari semakin meningkatnya angka kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia, oleh karena itu menurutnya perlu ada sinergitas dan soliditas yang kuat, antara Basarnas dengan potensi SAR.

Dalam hal ini Instansi pemerintah dan perangkat desa. Selain itu tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan para potensi SAR, menjalin sinergitas dan Soliditas serta menyamakan persepsi dan pemahaman dalam pelaksanaan Operasi SAR,” paparnya

Dalam sambutannya, Embran dan juga sebagai pembuka pelatihan tim SAR mengapresiasi diadakannya Kegiatan Pelatihan SAR ini.

“Menurutnya kegiatan pelatihan yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Muara Enim sangat tepat, karena dilihat dari sisi topografi Kabulaten Muara Enim, yang wilayahnya sebagian besar merupakan dataran rendah serta dialiri oleh dua sungai besar yaitu Sungai Lematang dan Sungai Enim, serta masih terdapat puluhan anak sungai, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Muara Enim.

Sebelum mengakhiri sambutannya Embran berpesan kepada seluruh peserta agar benar-benar serius dalam mengikuti kegiatan serta menyerap semua ilmu yang diberikan agar dapat diimplementasikan saat terjadi musibah ataupun bencana serta Kondisi membahayakan manusia dan tetap menjaga kesehatan,” pungkasnya.

Aguswan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.