Panwaslu Sosialisasi, Pemilih Pemula.

Tajung pinang silabusnews.com –
Jelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tanjung pinang melakukan sosialisasi mengajak siswa sekolah menengah atas (SMA) se tanjung pinang untuk terlibat dalam pengawasan pelanggaran pemilu.

Ketua Panwas tanjung pinang Mariamah menjelaskan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi siswa dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada pemilih pemula tentang larangan money politik ataupun pelanggaran politik lain yang kerap timbul di tahun pilkada.

“Mereka ini (pelajar) adalah pemilih yang masih jernih, belum terkontaminasi dengan nuansa politik. Kita ingin agar para pelajar ini berani untuk melaporkan pelanggaran politik yang terjadi di sekitar mereka,” kata mariamah di sela-sela kegiatan sosialisasi di hotel CK Tanjung pinang sabtu 28/10/17.

Mariamah mengaku pelibatan pelajar atau pemilih pemula dalam pengawasan pelanggaran politik juga merupakan bentuk pencegahan sedini mungkin potensi-potensi pelanggaran pilkada yang sering dilakukan dengan cara sistematis dan masif oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Selain melibatkan pelajar, Panwas tanjung pinang berencana melibatkan beberapa komunitas yang ada untuk ikut ambil andil dalam hal pengawasan. Sehingga pelanggaran pemilu yang dilakukan dengan mudah segera terdeteksi.

“ Lanjut ketua panwas mariamah Kita tidak bisa melihat atau mengetahui semua pelanggaran pemilu tanpa adanya laporan, sehingga pengawasan pelanggaran pemilu ini tidak hanya dibebankan kepada panwas, tapi tanggungjawab kita semua, agar pesta demokrasi ini sukses.
Pemilih pemula di harap sebangai pengwas di lapangan namun tidak mengikat, peran aktif berpartisipasi dalam pengawasan, para pemilih pemula di kalangan sekolah menjadi relawan rekawan pengawas yang cerdas, berintegritas, serta memiliki pengetahuan yang memadai tentang pemilu skil teknis pengawasan. ujarnya.(hr)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.