Oknum Kepala Sekolah di Duga Adanya Pungut Dana Sertifikasi

Bintan Silabusnews.com – Kabar tidak sedap Dunia pendidikan di kabupaten bintan,terkait adanya pungutan dana tunjangan sertifikasi di SMP Negeri 2 Bintan Timur Kabupaten Bintan.

Pemungutan dana tunjangan sertifikasi yang nilainya berpariasi mulai dari Rp. 100.000 hingga lebih beralaskan untuk membantu para guru honor di sekolah tersebut. Meski sudah tertuang dalam undang-undang tentang Hukuman pidana bagi pelaku pungli yang berbunyi,Undang-Undang No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Pidana Korupsi, khususnya Pasal 12 E dengan ancaman hukuman penjara minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun. Pelaku pungli juga bisa dijerat dengan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal sembilan bulan. Pelaku pungli berstatus PNS dijerat dengan Pasal 423 KUHP dengan ancaman maksimal enam tahun penjara. Sepertinya tidak membuat para pelaku pungli di lingkungan SMP Negeri 2 Bintan Timur tidak takut.

Tamsir selaku kepala dinas pendidikan kabupaten bintan saat di konfirmasi melalui pesan whatsApp Selasa 20/8/2019 mengatakan” Saya sudah telpon ke kepala sekolah dan saya minta kalau ada pemotongan/pungutan agar di kembalikan lagi ke guru. Informasi dari kepala sekolah,sudah ada kesepakatan Katanya untuk membantu guru honor. Sanksi akan di berikan sesuai pelanggaran yang di lakukan”jawab tamsir.

Agustiawan kepala sekolah SMP Negeri 2 Bintan Timur saat di konfirmasi pertama kali tidak mengakui adanya pungutan tersebut.
“Tidak ada di potong,saya tidak bisa kasih jawaban,kita rapat aja sama guru semuanya nanti.nah sama-sama kita bicarakan nanti.guru-guru yang mendapat dana sertifikasih kita kumpulkan kita bicara sama-sama”.pungkasnya

Saat awak media mempertanyakan yang kedua kali apa memang benar potongan itu ada,dan kalau memang benar ada atas kebijakan pihak sekolah atau dinas pendidikan,Agustiawan mengatakan
” iya betul-betul”

Salah satu oknum guru Honor di SMP Negeri 2 Bintan Timur yang namanya tidak mau di sebutkan, saat di konfirmasi mengatakan” Selama saya honor di SMP 2 Bintan Timur, Saya belum pernah ada terima uang bantuan dari pihak sekolah atau uang pungutan yang dimaksud, yang saya terima cuma gaji saya dari pemerintah itu aja.”ucapnya singkat.

(Yogi)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.