oleh

Mobil Damkar Bintim Sudah Tak Layak, Pemkab Bintan Diminta Tidak ” Cuek “

Mobil Damkar Bintim Sudah Tak Layak di operasikan” Kamis 27/1 foto le

Bintan, Kepri – Tugas pokok pemadam kebakaran dan penanganan bencana sangat vital. Dalam hal ini maka Pemerintah harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, lalu seperti apa unit pemadam kebakaran khususnya di bagian Kecamatan Bintan Timur (Bintim) yang dimiliki Pemkab Bintan, Kamis (27/01/2022).

Belum lama ini, Seorang Aktivis Sosial dan Lingkungan Bintan (ASLB), Lelo Polisa Lubis, Sc melihat kondisi sarana prasarana dan alat kerja yang dimiliki Damkar Bintim yang berkantor di daerah Kampung Budi Mulya sangat memprihatinkan.

Pasalnya, UPTD tersebut dari awal pembentukan Kabupaten kerap kali beralih dari naungan di bawah Dinas sampai kini menempel dekat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan. Ditelusurinya, Ternyata hanya mempunyai dua unit pemadam kebakaran di Kijang dan sudah berumur puluhan tahun.

Adanya salah satu unit mobil pemadam kebakaran itu tepatnya bahkan jauh sebelum H. Ansar Ahmad, MM jadi Bupati Bintan yakni pada tahun 2001. Lelo tadi malam turut menyaksikan sendiri para personil anggota petugas Damkar Bintim kewalahan memadamkan api dengan mobil yang sudah tak layak lagi dipakai serta peralatan minim seperti selang.

Menurutnya, Peristiwa kebakaran atau bencana lainnya tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi sehingga untuk mengantisipasi hal dimaksud UPTD Damkar Bintim sangat urgent untuk dilengkapi sarana kebutuhannya secepatnya karena harus siap dan waspada jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dalam penjelasannya, Musibah kebakaran lebih sering pada musim kemarau karena panas membuat bahan material kering mudah terbakar. Tidak hanya kebakaran yang ditangani UPTD Damkar Bintim, Termasuk evakuasi sarang tawon yang belakangan meresahkan warga setempat.

” Mereka tim Damkar Bintim selalu siap merespon laporan masyarakat meskipun memiliki keterbatasan personil anggota. Saya yakin jika ditambah jumlah para petugasnya dan diperbaharui peralatan plus unit mobil pemadam kebakaran yang modern dan baru maka sangat menunjang kinerja untuk lebih baik lagi, ” Ujar Lelo yang sempat menangis saat melihat langsung radiator satu unit mobil Damkar Bintim jebol dan berasap.

Masih sambungnya, Ia mendukung penuh terhadap unit pemadam yang juga memang memiliki tanggung jawab lain seperti sosialisasi kepada warga sekitar untuk pengenalan dini tugas pemadam kebakaran bersamaan pengenalan kelengkapan alat – alatnya sehingga sangat diperlukan sarana dan prasarana memadai.

” Iya, Memang sarana jauh dari harapan, Oleh karenanya Pemkab Bintan untuk tidak ” Cuek ” supaya bisa segera memprioritaskan kebutuhan UPTD Damkar Bintim apalagi mengenai pengadaan unit mobil pemadam kebakaran yang baru itu lebih diutamakan. Menambah armada dan mengganti peralatan yang sudah tua, ” Tambahnya lagi memberikan saran dan masukkan yang membangun ditujukan ke Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan, S.P.W.K.

Selain itu, Kepala UPTD Damkar Bintim, Nurwendi ketika dikonfirmasi awak media turut membenarkan mengenai unit mobil pemadam kebakaran ditempatnya bahwa tidak layak lagi disebabkan sudah cukup lama dipakai bertahun – tahun. Terkait adanya penambahan armada diakuinya memang dalam hitungan bulan kedepan akan ada beberapa yang masuk. Namun, Itupun masih belum menutup kekurangan jumlah petugas yang dibutuhkan.

Le

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.