oleh

Kerennya Bintan, Desa Bina Desa Unggulan Program Gerbang Kampung

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika tanjau salah satu Desa  penakaran madu kelulut” Jumat 28/1 foto humas

Bintan, Kepri  – Program Gerakan Membangun Kampung atau Gerbang Kampung menjadi salah satu program prioritas dan sangat menarik perhatian. Tahun ini, setiap RW akan mendapatkan kucuran dana Rp. 50 Juta untuk melaksanakan basis kesejahteraan.

Dalam paparan yang disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, ada 10 program “bina” yang digagas. Mulai dari kampung bina sehat, bina infrastruktur, bini ekonomi, bina pertanian, bina pariwisata, bina perikanan, bina aman damai, bina budaya dan olahraga, bina religi hingga bina kesejahteraan keluarga. Konsep tersebut disebut “dasa bina desa” (dasa = sepuluh dalam bahasa sansekerta) atau sepuluh program pembinaan Desa.

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika melalui sambungan suara menyampaikan maksud dari kesepuluh elemen pembinaan tersebut. Dirinya menuturkan bahwa semua itu berlandaskan azas peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dasarnya kesejahteraan. Kebutuhan setiap lokasi berbeda, potensinya pun beragam. Andil dari masyarakat lah yang kita harap dapat menggali semua potensi yang ada dan memenuhi semua kebutuhan umumnya. Intinya Pemerintah Daerah selalu siap dan hadir dalam memberi pendampingan dan pembinaan” ujar Ronny, Jum’at (28/01).

Ronny kemudian mengutarakan pesan dari Plt. Bupati Bintan bahwa program ini harus benar-benar diberdayakan yang tujuan akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. “Minimal memberi manfaat yang berkesinambungan pada masyarakat” tambahnya.

Dalam beberapa kesempatan saat “ngobrol santai” bersama forum RT/RW, banyak gagasan yang sudah tergambar untuk dilalukan di setiap lingkup RW nya.

“Kalau ngobrol-ngobrol santai bersama mereka kadang banyak tergali ide-ide cemerlang yang memang luar biasa untuk dilakukan. Memang tidak semudah membalik telapak tangan dan memang harus memakan waktu, namun yakinlah bahwa kebangkitan ekonomi dari Desa bukan sekedar angan belaka” pungkas Ronny. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.