Kasubag Kominfo Lingga Pastikan Pemasangan Fiber Optik Segera Terpasang

Lingga- Silabusnews.com, Pemasangan Fiber Optik (FO) yang juga disebut dengan Palapa Ring di Kabupaten Lingga, diperkirakan akan selesai dan dioperasikan Tahun 2018. Saat ini untuk pembentangan kabel darat sudah selesai, namun untuk pembentangan kabel laut masih dalam proses pengerjaan.

“Target kita, Palapa Ring beroperasi dipertengahan Tahun 2018 dan kita harapkan berjalan sesuai rencana, karena hingga saat ini kami belum menerima laporan kendala dari pihak pekerja,” ungkap, Ady Setiawan, Kepala Sub Bagian Kominfo, di Setda Lingga, kepada awak media, kemarin.

Manfaat bila jaringan FO tersebut telah beroperasi, Ady mengatakan, tentunya dapat meminimalisir kesenjangan teknologi informasi terutama untuk komunikasi data. Ia yakin, kesenjangan tersebut akan terasa jika sudah diaktifkan. Diharapkan dengan kehadiran program Kementerian Kominfo yang diperuntukkan di Kabupaten Lingga ini, dapat berpengaruh pada kwalitas telekomunikasi dan data menjadi lebih baik.

Karena selama ini, lanjut Ady, operator telekomunikasi untuk menyalurkan bandwith ke Kabupaten Lingga, masih menggunakan teknologi radio dari tower ke tower secara estafet dengan kapasitas yang masih terbatas. Dengan adanya jaringan FO ini, bandwith yang didistribusikan bisa sangat besar dan stabil.

“Palapa Ring merupakan program Kementerian Kominfo RI, alhamdulillah masuk ke Kabupaten Lingga dan sudah dikerjakan, dan akan diselesaikan tahun ini,” tandasnya. (SK-SN)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.