Dinsos Serahkan Bantuan Atensi ke Lansia dan Klien Napza

Pemko Tanjungpinang menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial di aula Kantor Dinas Sosial (Dinsos) setempat, Selasa (11/10/2022) pukul 15:00 Wib. Foto AJ.

Tanjungpinang, Kepri –  Pemko Tanjungpinang menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) bagi lansia dan Klien Napza (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat adiktif lainnnya) dari balai sentra Abiseka Pekanbaru di aula Kantor Dinas Sosial (Dinsos) setempat, Selasa (11/10/2022) pukul 15:00 Wib.

Pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut dilakukan pada dua tempat berbeda yakni penyerahan secara simbolis kepada lima orang penerima manfaat di aula Kantor Gubernur Kepri yang disejalankan dengan kunjungan komisi 8 DPR RI.

Kemudian, 18 orang lansia dan 4 orang klien Napza yang di wakili oleh yayasan Rehabilitasi Napza Karsa diserahkan di aula Dinsos Tanjungpinang serta sisanya akan diserahkan melalui Yayasan Karsa Tanjungpinang untuk distribusikan kepada PPKS (Pemerlu, Pelayanan Kesejahteraan Sosial) Penerima.

Adapun PPKS yang menjadi sasaran bantuan atensi ini berjumlah 71 dengan rincian 20 orang lanjut usia, 50 klien rehabilitasi Napza dan satu orang penyandang disabilitas. Sedangkan bentuk bantuan berbeda-beda antara PPKS lansia, Klien Napza yang satu dengan lainnya sesuai dengan kebutuhan setiap penerima berdasarkan hasil assesment komprehensif terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hari.

Secara umum bantuan yang diberikan berupa nutrisi, sembako, peralatan kebersihan diri dan beberapa paket kewirausahaan seperti warung sarapan, Bahan-bahan kebutuhan untuk berjualan kerupuk opak, pupuk dan bibit tanaman bagi lansia yang bercocok tanam.

Pekerja Sosial Ahli Madya Sentra Abiseka Pekanbaru, Suyono mengatakan UPT Kementerian Sosial berkedudukan di Pekanbaru Provinsi Riau. Sentra Abiseka Pekanbaru merupakan salah satu UPT/unit dari Kemensos RI yang melayani 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dan Kepri. Tanjungpinang merupakan salah satu wilayah yang dilayani oleh Sentra Abiseka.

” Untuk wilayah kerja kita yang tiga belas tadi untuk tahun 2022 ada kita lakukan assesment komprehensif di awali dengan pendataan yang dimasukkan dalam database sentra abiseka pada tahun 2022 terdapat 25 ribu penerima. Dari data itulah kita lihat sebarannya yang akan kita bantu nanti serta kita lihat clusternya yang akan kita bantu ada cluster lansia, disabilitas, ada juga cluster anak disabilitas, dan ada juga kelompok rentan, ” Ujar Suyono.

Masih sambungnya, Melanjutkan total bantuan yang di salurkan termasuk pada hari ini untuk lansia lebih kurang 41,900 juta jiwa, sedangkan untuk Napza 50 orang dengan total bantuannya Rp 116,9 juta. Setiap tahunnya bantuan yang diberikan berdasarkan assesment komprehensif yang dilakukan.

” Jadi, Kita sebelum memberikan bantuan ini memang dari sentra abiseka terlebih dahulu melakukan assesment terhadap penerima manfaat calon penerima bantuan, ” Tambahnya lagi secara singkat lewat rekanan sembari mengakhiri pembicaraan disana.

Hal senada disampaikan Kadinsos Tanjungpinang, Ahmad Nur Fattah yang mengungkapkan ada 71 , 20 dari lansia dan 1 orang difabel berupa bantuan kursi roda. Kemudian 50 klien Napza juga menerima bantuan dari lembaga kesejahteraan sosial (LKS) atau yayasan Karsa beralamat di Jalan Pramuka Tanjungpinang.

” Bantuannya beragam kalau untuk lansia itu berupa nutrisi, sembako, alat kebersihan diri, sedangkan klien Napza itu bisa berupa modal untuk usaha. Kemudian ada juga pembinaan klien Napza seperti kekurangan kasur kita berikan kasur, mereka kan di LKS Karsa mungkin secara fasilitas belum memenuhi, ” Ungkap Nur ikut menambahkan komentarnya barusan.

AJ.

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.