Bupati Karimun Hadiri Penanaman Bibit Mangrove Di Desa Pongkar

Bupati Karimun H Aunur Rafiq,Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, SE, M.Tr. HANLA ,menghadiri Penanaman Bibit Mangrove di Desa Pongkar.(f.dok)

Karimun,Silabusnews.com – Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, SE, M.Tr. HANLA  memimpin penanaman ribuan bibit pohon bakau( Mangrove) di tepi Pelabuhan Malarko Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Penanaman ribuan pohon bakau ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke -74, Senin (7/10/2019) pagi

Penanaman mangrove di Desa Pongkar. Dalam hal ini Lanal TBK turut menggandeng Pemerintahan Daerah Kabupaten Karimun, Polri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Forum Kemasyarakatan serta masyarakat setempat untuk bersama menanam bibit pohon bakau di bibir pantai Desa Pelambung , Kecamatan Tebing tersebut.

Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, SE, M.Tr. HANLA  mengatakan, tanaman mangrove sangat penting bagi kehidupan warga yang bermukim di wilayah pesisir. Memperbanyak tanaman mangrove sama halnya meminimalisir dampak bencana. Apalagi kita ketahui bahwa Kabupaten Karimun yang dikelilingi oleh lautan perlu dilakukan pencegahan abrasi dini, sehingga kedepan masyarakat tidak merasa khawatir , ujarnya.

Dia mengatakan, penanaman magrove ini merupakan program secara serentak yang dilakukan oleh TNI dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74. Dijelaskan, kondisi bibir pantai di Kabupaten Karimun saat ini cukup rentan dengan abrasi sehingga menurutnya perlu ada aksi penaganan dengan melakukan penanaman mangrove sejak dini, jelasnya.

“Hari ini 5000 bibit yang kita sediakan untuk ditanam. Tanam bakau adalah salah satu upaya mitigasi bencana alam. Disamping sebagai penghijauan, kita ketahui saat ini bibir pantai kita rentan abrasi, sehingga dengan upaya kita ini dapat menyelamatkan masyarakat dan secara umum menyelamatkan garis pantai kita,”kata Catur usai melakukan penanaman, ungkap orang nomor satu di Lanal TBK tersebut.

Sementara itu, Bupati Karimun H Aunur Rafiq, Sos, M.Si usai menghadiri penanaman ribuan pohon bakau atau mangrove tersebut mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun sangat memberikan apreseasi kepada TNI yang telah peduli dan telah melaksanakan penanaman magrove di wilayah Kabupaten Karimun,kata Rafiq.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh TNI saat ini merupakan bagian dari program pemerintah Kabupaten Karimun dalam melakukan pelestarian lingkungan.

Bupati Karimun H. Aunur Rafiq dalam hal ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun agar tetap peduli dan menjaga kelestarian lingkungan, dia juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan laut, cetusnya.

Rafiq mengajak untuk menjaga bersama sehingga kedepan pemerintah daerah bersama semua komponen mampu melakukan penanaman mangrove sesuai pada titik-titik tataruang yang telah ditentukan.

“Yang jelas apa yang dilakukan oleh TNI saat ini adalah sejalan dengan program pemerintah. Kita akui, khusus di Kabupaten Karimun TNI maupun Polri telah banyak berbuat dalam rang menjaga wilayah kita. Selamat HUT TNI yang ke-74 semoga semakin jaya,”katanya.

Pantauan dilapangan, ratusan orang yang terlibat untuk penanaman mangrove secara bersama melakukan penanaman pohon di sekitar bibir pantai Pelabuhan Malarko Desa Pongkar, Kecamatan Tebing. Terlihat 300 tim terun untuk menanam pohon bakau bersama Danlanal Karimun, Dandim Karimun, Bupati Karimun Polres Karimun, PT. Timah (TBK) serta masyarakat sekitar.

( Mes)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.