oleh

BPJS Ketenagakerjaan Karimun Sosialisasi Kepada Para Petani

BPJS Ketenagakerjaan Karimun usai  Sosialisasi Kepada Para Petani bersama, Kamis 28/10/ Rahotan/ silabusnews.com

Karimun – BPJS Ketenagakerjaan Karimun sosialisasi Kepada Kelompok Tani se Kabupaten Karimun Besar, di Gedung Nilamsari Karimun, kamis (28/10/2021).

Kegiatan di ikuti perwakilan/ Ketua Kelompok Tani dan
Kepala Dinas pertanian wilayah Kabupaten Karimun.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan karimun Rusli menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para petani terkait BPJS ketenagakerjaan dan berbagai permasalahan.

“Kedepan, agar para tenaga kerja makin terlindungi baik dari keselamatan kerja maupun kesehatan sebab dengan tenaga kerja yang sehat, prestasi kerja akan meningkat, sehingga produktivitas kerja akan meningkat pula yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja,” ujarnya.

” Ketenagakerjaan memberikan perlindungan pada pekerja melalui program. Program antara lain, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM).
“Perlindungan jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan program negara yang sangat besar manfaatnya,” tuturnya.

Lanjut Rusli dengan iuran Rp16.800 per bulan, peserta sudah terlindungi dua program yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Mereka (pekerja informal) akan mendapatkan manfaat yang sama dengan peserta formal. Untuk program jaminan kecelakaan kerja, semisal terjadi kecelakaan kerja maka peserta BPJS Ketenagakerjaan ini mendapatkan perawatan pemulihan kecelakaan kerja tanpa batasan biaya dan tanpa batasan waktu sampai peserta sembuh,” lanjutnya.

Untuk jaminan kematian, misal peserta ada yang meninggal maka akan mendapat jaminan kematian dengan nominal 42 juta rupiah meski baru mendaftar tanpa batasan usia.lebih spesifik Rusli menjelaskan penyakit petani yang ditanggung oleh bpjs seperti disengat binatang berbisa pada saat bekerja dikebun, kecelakaan pada saat sipetani menjual hasil kebunya kepasar ini adalah termasuk sakit yang perobatannya ditanggung oleh Bpjs,” papar Rusli.

Laporan: Rahotan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed