oleh

Ada Apa Dengan PLN, Pemadaman Bergilir Cukup Lama

Kantor Unit Pelayanan PLN Padang Tikar Dua, Jum’at 11/03/2022 (Foto Novi)

Silabusnews.com, Kubu Raya – Pemadaman bergilir yang sering terjadi beberapa bulan ini di Desa Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya mendapat keluhan, baik di sektor pemerintahan maupun masyarakat.

Tak ayal, kinerja PLN pun dipertanyakan oleh akibat pemadaman bergilir yang sudah berlangsung lama ini, dimana akhirnya menimbulkan ketidak puasan konsumen (masyarakat), pasalnya mereka sudah melakukan pembayaran sistem elektronik yang di mana dalam sistem elektronik tersebut di bebankan pajak yang cukup tinggi.

Salah satu masyarakat yang enggan disebutkan namanya mengeluhkan dengan terjadinya perubahan terkait dengan pemadaman bergilir ini, kami kan membayar pajak dan PPN dari pemerintah cukup tinggi, tapi pelayanan terhadap konsumen tidak diberikan.

Belum lagi pada saat ini setiap akses belajar sudah di berlakukan secara online, belum lagi banyak aktivitas sehari-hari kami terganggu, alat yang berketergantungan dengan listrik juga rusak, kami berharap agar pihak PLN bisa mencarikan solusi terkait pemadaman ini, dikarenakan ini sudah cukup lama.

“Bagaimana kami merasa puas dengan kinerja PLN kalau begini,” ketusnya

Sementara itu, Ngadilan, Teknisi Unit Pelayanan PLN Padang Tikar saat dikunjungi awak media ini di kediaman nya beberapa waktu lalu mengatakan,
bahwa terkait pemadaman bergilir di sini kita ada dua unit, unit Padang Tikar dan Batu Ampar.

“Saat ini, untuk pemadaman kita bergantian, untuk hari ini wilayah Padang Tikar sesudahnya batu ampar tinggal nanti mekanisme pembagian nya perwilayah dan kita bagi beberapa tahap atau beberapa shift,” ujarnya.

“Kebetulan kami disini kita bagi 4 shift. Dan untuk pada hari ini kebetulan giliran nya wilayah Padang Tikar dan untuk berapa lama pemadaman nya kita tidak bisa memastikan semua tergantung dari pada kondisi beban yang ada di pembangkit” paparnya.

“Namun untuk kendala di pembangkit adalah mesin, Kebetulan disini kita ada 11 unit mesin pembangkit namun itulah dari 11 unit itu banyak yang mengalami masalah. Maka dari itu kita harus mengalihkan pemadaman, sebenarnya kita maunya ingin melayani masyarakat sama seperti rekan lainnya juga ingin melakukan hal yang sama” terangnya

“Harapan saya sebagai karyawan teknik solusi nya adanya perubahan kalau bisa dayanya di tambah atau terpenuhi untuk saat ini daya yang kita miliki 2000 Lebih atau 2.5 MB, Meskipun sebenarnya cukup namun karena operasi nya 24 jam jadi sebenarnya harus ada shift”bebernya.

Untuk kondisi mesin pada saat ini memang sering gangguan terkait layak atau tidak nya saya juga tidak bisa memastikan intinya ketika daya itu memadai secara operasionalnya ada pergantian seperti saat ini mesin yang besar itu cuma ada satu dan tidak ada yang memback up maka ketika yang besar di istirahatkan otomatis diharuskan ada pemadaman.

Sementara itu, Faqih fajriady Whibawa,
Junior teknisi pelayanan unit tersebar Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya saat dimintai keterangan melalui via WhatsApp mengatakan, bahwa dengan terjadinya pemadaman bergilir tersebut di karenakan adanya kerusakan mesin pembangkit, Jum’at (11/03/2022)

“Dan pemadaman yang kita lakukan, sudah berjalan sekira 3 bulan, dan kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki serta melaksanakan pemeliharaan mesin sesuai dengan kapasitas kami” ├╣jarnya

Dan untuk penambahan mesin itu bukan kapasitas kami, tapi kami sampaikan terkait defisit daya di sistem kelistrikan Kecamatan Batu Ampar ke atasan kami” tuturnya

Terkait Opini yang beredar dengan adanya pemadaman bergilir dan opini yang beredar yang diduga ada keterlibatan oknum yang di instansi kami yang bermain BBM (Bahan Bakar Minyak ) di perjual belikan” Kami tidak bisa melarang masyarakat untuk beropini dan jika ada oknum kami yang terbukti melakukan kesalahan-kesalahan silahkan di laporkan dengan bukti – bukti. Jika ada oknum yang terbukti melakukan kesalahan maka akan kami pecat secara tidak hormat.

Harapan saya dengan adanya pemadaman listrik bergilir ini sama dengan masyarakat tidak ada pemadaman bergilir lagi dan ada penambahan mesin,” jelasnya lanjut

Terakhir kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat atas pemadaman bergilir yang masih berlangsung hingga saat ini ” pungkaanya

Novi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.