Obat Penyembuh Batuk Berkepanjangan, Jadi Penghasilan Disaat Pensiun

Asril, saat mengambil madu dari kotak trigonal dengan menggunakan pompa hisap sederhana yang dirakitnya sendiri, Selasa 10/01/2022 ( F. Patar Sianipar)

Bintan, Kepri – Asril, (57) ayah dari dua orang putri, yang memperisteri Sumiati (47) Pengusaha madu kelulut, yang diberi nama Madu Kelulut Anting Putri, yang berlokasi di kampung Pelita Baru Desa Kuala Sempang kecamatan Seri Kuala Lobam, merupakan pensiunan pegawai PDAM Tanjunguban, yang memulai menggeluti bisnis ini akibat terserang batuk yang tak kunjung sembuh, lebih kurang dari satu setengah tahun lalu.

Bermula dari niat ingin sembuh dari batuk, Asril berniat membeli madu kelulut yang diyakininya dapat menyembuhkan batuknya, jelanya dilokasi, Swlasa (10/01/2023) siang.

“Alhamdulillah, memang batuk saya sembuh, sejak saya rutin meminum madu kelulut secara rutin,” jelasnya.

Asril saat menunjukkan kelulut menghisap sari dari bunga anting putri dan tanaman bunga lainnya disekitar rumahnya, Selasa 10/01/2023 ( F. Patar Sianipar)

Dilokasi madu kelulud Anting Putri, terdapat 40 kotak (trigona) tempat bersarangnya lebah kelulut (trigona utama) memproduksi madu, dimana setiap kotak bisa menghasilkan 800 ml – 1500 ml dengan durasi pemanenan sebulan sekali jika tidak musim hujan.

Lebih lanjut, Asril memberi nama usahanya Anting Putri ini, mengambil nama bunga dari bisnis bonsai swbwlum memulai biania madu ini, yakni tanaman Anting putri dengan bahasa latinnya wrightia religiosa.

“Jadi, lebih dulu berbisnis tanaman bonsai dengan maksud agar saat pensiun kelak ada kegiatan, namun twecipta pula bisnis lain” ujarnya sambil senyum.

“Dari tanaman Anting Putri ini juga menghasilkan sari yang dihisap kelukut tersebut, dan juga tanaman bunga lain yang ditanam dilokasinya sengan luas seperempat hektar ini,” rincinya.

Kotak trigonal yang merupakan tempat kelulut mengumpulkan madu, Selasa 10/01/2022 ( F. Patar Sianipar)

Ketika ditanyakan, apakah ada pejabat pemerintah Kabupaten Bintan yang berkunjung kelokasi ini, beliau mengatakan ada yang sudah mengunjungi lokasinya sembari membeli madu yang diproduksi dari lahannya.

“Bisnis ini, karena selain dapat menjaga keseimbangan alam, dan menikmati harumnya si Anting Putri, juga dapat menambah penghasilan dan juga menikmati madu tanpa harus membeli lagi,” pungkasnya.

Patar Sianipar

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.