oleh

Warga Siantau Berharap Bisa Segera Berobat di Poskesdes

Bangunan Poskesdes yang di bangun sejak 2019 dari Aspirasi Usmandyanto Anggota DPRD Partai PAN belum ada serah terima dengan Pemerintah Desa” Sabtu 12/2 Foto: Efendi Silabusnews.com

Silabusnews.com, Kalbar, Ketapang – Kesehatan merupakan hak dasar bagi setiap orang, demikian yang menjadi harapan Warga Dusun Siantau, Desa Sintau Raya, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Agar segera ditempatkan Tenaga medis.

Hal itu disampaikan oleh tokoh masyarakat Dusun Siantau Simbun kepada Awak media ini.Apa yang diharapkan bukan tanpa dasar, mengingat jarak tempuh dari Desa ke Kota kecamatan yang cukup jauh, dan sudah dibangun nya Pokesdes.

” Kami sebagai masyarakat berharap dan memohon kepada Pemerintah khususnya Dinas Kesehatan agar segera menugaskan tenaga medis, karena kami mau berobat sangat jauh, harus ke Tayap atau ke Sungai Melayu,” ucap Simbun pada Sabtu(12/02/2022).

Selain itu Simbun menuturkan bahwa untuk menempuh perjalanan ke Kecamatan selain jauh jalan nya juga banyak yang rusak.

“Saat Kami mau berobat selain jauh jalan nya juga banyak yang rusak, ibarat pepatah kalau seperti ini jika sakit hanya menunggu mati,”tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Acuannada Mantan Kepala Dusun Siantau.

” Sudah pun dibangun Poskesdes jika tak ada tenaga medisnya sama saja untuk tempat hantu, apalah gunanya,” ujar Acuannada.

Informasi dihimpun media ini, bahwa di Dusun Siantau telah dibangun Poskesdes sejak tahun 2019 dari aspirasi. (Pokir) Usmandyanto anggota DPRD Ketapang dari Partai PAN. Namun atas pembangunan itu belum ada serah terimanya.

Sementara itu, Kepala Dusun Siantau saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya telah menyurati pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang.

“Kami dari Pemerintah Desa, kemaren sudah mengirim surat ke Dinas Kesehatan Ketapang, terkait permasalahan belum adanya tenaga medis di Poskesdes Siantau Raya, dan kami menunggu penyerahan secara simbolis dari intansi terkait tentang bangunan Poskesdes tersebut kepada Pemerintah Desa.
Karna selama bangunan itu selesai dibangun belum ada serah terimanya, dalam bahasa kampung belum ada pamitan berkabar ke kami Pemerintah Desa,” jelas Disma Harmika Kadus Siantau.

Dilain pihak, Kepala Desa Siantau Raya Mustardi mengatakan, perihal tersebut biarkan Pemerintah yang mengurusnya.

“Kalau tanggapan saya biarkan saja Pemerintah yang urus nya, itukan perlu proses,mulai dari persiapan tempat nya, air nya, listriknya kita harus persiapkan dulu,”terang Mustardi melalui pesan WhatsApp.

Penulis : Fendi/Ali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.