Ratusan Nelayan Demo,Sepakati Empat Poin Tuntutan

0
59

Ratusa Para nelayan Demo, saat menyampaikan orasinya di depan Gedung DPRD Anambas.F. Ayu, silabusnews com 

Silabusnews.com, Anambas  – Aksi Demo Himpunan Nelayan Seluruh Indonesai (HSNI) Anambas Mengusik Nelayan Anambas Sekaligus menyurakan Pelanggaran zona Tangkapan Kapal Pukat Cantrang, Mayang di Perairan Kepulauan Anambas Dan Natuna Depan Gedung DPRD Kabupaten Anambas.

Patauan Awak Media Silabusnews.com,Bupati Kepulauan Anambas (KKA) H. Abdul Haris, SH yang di dampingi Wakil Bupati Wan Zuhendra dan Ketua DPRD Anambas Hasnidar bersama Anggota mengizinkan para nelayan menyampaikan protesnya dengan cara aksi damai di depan halaman DPRD Anambas, Jln Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (03/09/2020).

Sebut Haris, menyapaikan kepada para nelayan, kita bersama Pansus DPRD sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat namun kebijakan untuk menindaklanjuti kapal asing di laut Anambas tidak ada pada daerah kita,” ujar Haris di hadapan pendemo, saya harap kepada saudara saudara agar tenang mari kita dudukkan bersama masalah ini dengan baik baik dan kita disini bukan untuk bermarah-marah namun kita mencari solusi jalan terbaik, dan juga saya minta jangan ada yang anarkis,” harapnya

Namun hal itu tidak digubris oleh para pengunjukrasa karena kesal,karena hasil tangkapan ikan semakiin hari semakin surut bahkan tak dapat apa apa alias jong, salah satu dari pendemo mengatakan, ini bukan satu kali sudah kali ketiga kami lakukan hal serupa, namun tak gubris,dengan nada suara lantang, kami tidak ingin laut kami di jajah oleh kapal asing dan kami minta pihak penegak hukum bertindak tegas jangan tidur atau pura-pura tidur dan kami tidak akan bubar jika tuntutan pada hari ini tidak ada keputusan yang akurat dari Pemda mapun dari DPRD Anambas,” teriak para pendemo.

Alhasil setelah 3 (tiga) jam melakukan dialog dengan Bupati Kepulauan Anambas H. Abdul Haris, SH bersama Ketua DPRD Anambas Hasnidar para Aksi Demo tersebut setuju dengan permintaan untuk melakukan rapat bersama perwakilan HSNI Anambas di Ruang Rapat DPRD Anambas lantai satu, sekira pukul 11: 30 siang untuk membuat nota kesepakatan.

Empat poin nota kesepakatan yang sudah disetujui bersama antara Pemda, DPRD, HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas ;

Poin Pertama:

1. Pemerintah dan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas bersama-sama dengan HSNI dan perwakilan nelayan serta instansi vertikal terkait untuk ke Provinsi Kepri dan Jakarta membicarakan masalah kapal cantrang, Pukat Mayang, dan Kapal Ikan Asing.

2. Pemerintah Daerah dan DPRD Anambas bersama sama instansi vertikal dan perwakilan Nelayan cabang Dinas kelautan dan perikanan provinsi Kepri dan perwakilan HNSI turun kelapangan untuk mengawasi kapal Cantrang, Pukat Mayang, dan Kapal Ikan Asing (KIA).

3. Pemda Anambas bersama DPRD Anambas bersama sama dengan HNSI Anambas dan perwakilan Nelayan serta instansi terkait diikutsertakan dalam setiap rapat terkait permasalahan Nelayan.

4. Segera menindaklanjuti Orasi nelayan ini, pada hari ini tanggal 3 September 2020 di gedung DPRD Anambas.

(Ayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.