Polres Mempawah Tangkap Cukong Ilegal Loging

Mesin pemotong kayu di police line, foto: Ali Silabusnews.com

Silabusnews.com, Mempawah,Kalbar  РSatuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mempawah berhasil menggerebek tempat Pengolahan kayu yang diduga illegal. Berbagai barang bukti serta pelaku diamankan petugas, pada Jumat (19/02/2021).

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah melalui Kasat Reskrim, AKP M. Resky Rizal menerangkan, penangkapan dilakukan lantaran laporan masyarakat adanya kegiatan ilegal logging.

“Kami telah menggerebek tempat pengolahan kayu ilegal juga somil dimana dari laporan telah terjadi pembalakkan liar terkait illegal logging di Kelurahan Wajok Hulu, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah. Kami langsung menahan beberapa orang yang ada untuk dimintai keterangan,” terang AKP Resky.

Ia menjelaskan bahwa pada saat melakukan penggerebekan aktifitas pengolahan kayu sudah tidak ada.

“Hanya ada dua orang pekerja, namun ketika diminta surat perijinan pengelolaan kayu kepada pemilik atau cukong tidak dapat menunjukkan dokumen dari perijinan tersebut,” jelasnya lagi.

Karena tidak bisa menunjukan dokumen perijinan petugas menyegel tempat pemotongan kayu.

“Karena tidak adanya surat perijinan dari tempat tersebut, maka kami langsung menyegel tempat pemotongan kayu dan mengamankan puluhan kayu hasil dari pembalakkan liar serta sepeda pengangkut kayu sebagai barang bukti,” pungkas M. Resky

Dengan adanya penangkapan tersebut, masyarakat khususnya di Kecamatan Siantan mengucapkan rasa terima kasih kepada Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah yang telah berhasil menindak oknum-oknum pelaku pembalakkan liar di Kabupaten Mempawah pada umumnya.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Kapolres Fauzan yang terus menerus tanpa pandang bulu menindak para pelaku pembalakkan liar atau tempat pengolah kayu, serta tidak tanggung-tanggung menangkap para cukong yang selama ini menjadi dalang illegal logging,” ucap salah seorang tokoh masyarakat setempat yang tak mau namanya disebutkan.

Penulis: Ali

Editor : Crates

 

 

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.