Perpustakaan Anambas Malam Minggu Jam Pelayanan di Tambah

Ruangan Perpustakaan” foto Ayu

Silabusnews.com, Anambas  – Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan menambah jam operasional khusus malam Minggu guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Anambas, baik anak-anak maupun dewasa.

Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Reny Perdayanti, S.T., M.Si menjelaskan, Paradikma perpustakaan sekarang telah berbeda, tidak lagi hanya membaca, melainkan bertamasya literasi, yang mana ini tujuannya memikat minat anak-anak agar gemar berliterasi.

“Kita menambah jam operasional perpustakaan ini guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya anak-anak, nantinya saat malam minggu mereka bisa menjadikan refrensi sebagai tujuan di malam minggu,” jelas Reny kepada awak media, Senin (08/08/2022).

Dirinya juga mengatakan, Perpustakaan Daerah untuk saat ini pengunjung dominannya lebih kepada anak-anak, sehingga dihadirkan program yang bertujuan membuat anak-anak tertarik.

“Kita membuat program pemikat anak-anak agar berkunjung ke Perpustakaan.

Seperti bintang kunjungan yang merupakan sebuah daftar hadir bagi anak, story telling atau bercerita dan juga Jumat hafalan, yang mana jika anak-anak hafal akan surat pendek al-quran akan diberikan hadiah, begitu juga jika non muslim, akan merangkum cerita dari agamanya secsra langsung di perpustakaan. Dari ketiga program tersebut hadiah yang diberikan seperti pensil warna, kotak pensil dan hadiah menarik bagi anak,” kata pustakawan itu.

Tak hanya itu, Reny juga menyampaikan Anambas English Library, yang mana ini merupakan sebuah program les Bahasa Inggris gratis di Perpustakaan Daerah yang telah memasuki tahun ke 2 program tersebut dan masih tersedia kuota bagi siswa SMP.

“Memasuki tahun ke 2, Anambas English Library akan mulai aktif kembali nantinya pada 15 Agustus 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Perpustakaan Daerah setiap Senin s/d Kamis, pukul 15.30 – 17.30 wib, terbagi menjadi 2 kelas yg diperuntukkan untuk siswa SMP dan SMA. Dikarenakan minat dan antusias anak-anak yg luar biasa untuk Kelas SMA sudah full kuota, sedangkan untuk Kelas SMP masih tersedia beberapa kuota siswa lagi dan silahkan mendaftar,” ucap Reny.

Reny juga mengajak masyarakat Anambas khususnya bagi orang tua agar menanamkan budaya literasi sejak dini, yang mana hal ini penting bagi kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah.

“Saya mengajak agar masyarakat Anambas baik orang tua maupun anak mudanya bersama memajukan dunia literasi di Anambas, agar tidak terlalu terlena dengan gadget, karena buku ini penting sebagai jendela dunia dan Perpustakaan terbuka untuk umun,” ajak Reny. (H/Ayu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.