oleh

Nasi Kapau Polres Bintan,  Jelajah Hingga ke Pulau Pengekek Perbatasan Bintan dengan Kalimantan Barat

Nasi Kapau Polres Bintan,  sampai  Pulau Pengekek Perbatasan Bintan dengan Kalbar, foto kiriman Humas Polres Bintan untuk silabusnews.com

Bintan –  Tim Vaksinasi Jangkau Pulau (Nasi Kapau) Polres Bintan hari ini sampai di Pulau Pengekek, Kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan, Senin (1/11/2021).

Kapolres Bintan Akbp Tidar Wulung Dahono, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Tembelan Iptu Epi Erianto menjelaskan bahwa program Nasi Kapau ini adalah program Polda Kepri sampai ke jajaran Polsek-Polsek dalam jajaran Polda Kepri, yaitu pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat Kabupaten Bintan yang tinggal di daerah terpencil di Kabupaten Bintan yang mana wilayah Kabupaten Bintan 92% adalah lautan yang terdiri dari banyak pulau yang berpenghuni.

Jajaran Nasi Kapau Polres Bintan, menggandeng TNI, Kecamatan Tambelan dan Puskesmas Tambelan, dalam kegiatan tersebut turut hadir mendampingi tim vaksinator Camat Tambelan, Teguh Sakti Aji, S.Sos, Danramil 07/Tambelan, Kapt Inf M Yusuf, Danposal, Sertu Cecep dan Kepala Puskesmas Tambelan, Yuliansisti S.Kep.

Perjalanan jarak tempuh dari Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan ke Pulau Pengekek selama 9 jam perjalanan laut menggunakan armada pompong masyarakat. Yang mana pompong tersebut tidak bisa merapat langsung ke Pulau Pengekek, dikarenakan tidak adanya pelabuhan di Pulau Pengekek tersebut dan dangkalnya perairan disekitar pulau, sehingga untuk mencapai pulau petugas harus naik sampan yang terbuat dari drum plastik dibelang dua, yang disebut Jukong atau sampan.

Rombongan bertolak dari pelabuhan Tambelan, pukul 01.00 WIB dan tiba di Pulau Pengekek pukul 10.00 WIB. Kedatangan rombongan Nasi Kapau disambut dengan antusias oleh masyarakat Desa Pulau Pengekek, Kecamatan Tambelan. Sehingga timbul komunikasi antara masyarakat Desa Pulau Pengekek dengan rombongan Nasi Kapau, karena sebagian masyarakat Desa Pulau Pengekek belum tervaksin.

Didapatkan kesimpulan masyarakat mengaku takut di vaksin dan jarak tempuh antara Pulau Pengekek dan Pulau Tambelan yang jauh. Sehingga sebelum dilaksanakan vaksinasi, tim Nasi Kapau memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang keuntungan vaksinasi Covid-19. Sehingga dengan mudah dicerna dan dipahami oleh masyarakat Desa Pulau Pengekek dan terlaksanalah Program Nasi Kapau dengan sukses.

Jumlah masyarakat yang mendapat vaksinasi dalam program nasi kapau tersebut 50% masyarakat desa pengikik yang mana sebagian masyarakat tidak berada di desa dan sedang melaut, jumlah penduduk sebanyak 150 jiwa yang terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia.

Dari data kependudukan masyarakat desa pengikik yang harus mendapatkan vaksin sebanyak 100 orang, dan yang sudah divaksin oleh rombongan sebanyak 42 orang dan sudah divaksin sebanyak 8 orang, sehingga capaian vaksin untuk desa pulau pengikik 50%.

Setelah pelaksanaan Nasi Kapau di Desa Pulau Pengekek, direncanakan dalam waktu dekat Program Nasi Kapau akan kembali dilaksanakan di Desa Pulau Mentebung dan Desa Pulau Pinang, Kabupaten Bintan. Dimana dua desa tersebut juga berada di luar pulau Kecamatan Tambelan dengan jarak tempuh, 5 – 7 jam dari pusat pemerintahan Kecamatan Tambelan.

(*/Cr1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed