Krisis Perekonomian, Keuangan Dan Pekerjaan Dampak Pandemi Corona

Mardelsi Mahasiswa Admistrasi Publik STISIPOL

Tanjungpinang – Mardelsi dari Mahasiswi Administrasi Publik STISIPOL Raja HAji Tanjungpinang. Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak penyebaran virus Covid-19 dengan jumlah korban yang tertular yang sudah mencapai puluhan ribu orang di seluruh wilayah Indonesia, Jum’at (12/03/2021).

Pada Pandemi Covid-19 saat ini faktor paling utamanya adalah di dalam memperkirakan perkembangan ekonomi tahun 2021 tidak lain adalah Pandemi Covid-19 yang sekarang sudah membawa ekonomi masuk dalam kubangan resesi.

Pada bulan maret 2020 saat itu Indonesia pertama kali mengkonfrimasi kasus Covid-19 dan pandemi berlangsung pada tahun 2020 sampai dengan pergantian tahun 2020 dan sekarang Indonesia sudah memasuki tahun baru yaitu tahun 2021. Di masa pandemi ini tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tapi juga berdampak pada perekonomian di Indonesia contohnya ada satu pedagang yang menceritakan kesulitan perekonomian dan pedagang itu menyampaikan bahwa pendapatannya turun menjadi 70 persen sehingga saat ini menjadi Rp 60.000.

Dan juga seperti di Kota Tanjungpinang pada bulan agustus fenomena turunnya harga bebarapa komoditas sayuran dan buah-buahan yang selama ini sering memicu inflasi seperti bayam ternyata di bulan agustus pada saat itu mengalami penuruna harga, demikian juga seperti daging atau ayam yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat juga mengalami penurunan harga .

Indonesia pun resmi mengalami resesi setelah pertumbuhan minus pada dua kuartal secara berturut-turut. Pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 3,49 persen pada kuartal III-2020. Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada periode Agustus 2020, jumlah pengangguran di Indonesia menunjukkan peningkatan sebanyak 2,67 juta orang. Akar masalah dari asal muasal resesi dan krisis ekonomi Indonesia dan global sekarang ini adalah faktor tunggal pandemi covid-19.

Dan pada masa pandemi ini masyarakat pun berpikir ulang untuk membelanjakan uangnya pada konsumsi yang selain bukan kebutuhan primer atau hanya membeli untuk sesuai kebutuhan saja dan maka dari itu artinya daya beli masyarakat turun maka dari itu banyak pedagang yang mengalami kerugian dan juga cukup banyak para pelaku usaha gulung tikar dan banyak sekali para pekerja kehilangan pekerjaannya sehingga menimbulkan dampak pelambatan ekonomi saat ini dikarenakan terjadinya pandemi covid-19.

Menyebarnya virus ini juga menyebabkan banyak permasalahan di setiap negara. Virus tersebut Covid-19 yang sudah dinyatakan sebagai pandemi karena sudah meluas diseluruh negara. Indonesia adalah salah satu negara yang tertular Covid-19 dan saat ini perekonomian di Indonesia pun sedang mengalami penurunan karena banyak usaha-usaha yang tutup karena sepinya pengunjung dan pekerja yang mengalami PHK karena pemiliki usaha tidak mampu menggaji dengan penuh.

Selama masa pandemi, pemerintah telah mencoba memberikan beberapa keringanan dengan menerapkan aturan relaksasi kredit, diskon listrik, memberi keringanan pajak, hingga bantuan langsung tunai maupun bantuan dalam bentuk sembako. Bantuan-bantuan tersebut mungkin masih akan anda terima dalam beberapa waktu kedepan hingga situasi kembali normal.

Manfaatkan semua fasilitas tersebut untuk mengurangi beban keuangan. Kalau bisa, gunakan untuk keperluan produktif. tetapi bukan hanya itu pemerintah mulai berusaha untuk mengembalikan ekonomi menjadi normal kembali, melalui kementrian keuangan membuat kebijakan luar biasa untuk memitigasi dampak covid-19 dan pelambatan ekonomi dengan membuat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Lalu apa sih tujuan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Program ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pelaku usaha dalam menjalankan usaha dalam masa pandemi virus covid-19 yang membuat para pelaku kesulitan mendapatkan pemasukan yang sebelum nya normal.

Tetapi internet atau media sosial saat ini sangat penting dan dipergunakan untuk tempat peluang kerja. mencari lapangan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan bisa juga untuk membuka usaha ini juga menjadi kunci pemulihan perekonomian saat ini dan masa yang akan datang dan di tengah pandemi ini.

Para profesional pun banyak yang bekerja dengan berpindah tempat mengandalkan internet atau media sosial dan cari penghasilan uang tambahan, Disaat masa pandemi dinyatakan berakhir, tentu kegiatan ekonomi akan berangsur pulih.

Manfaatkan situasi tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan kita juga bisa membuka jasa delivery order makanan, menjadi reseller produk yang sedang dibutuhkan banyak orang dan lainnya manfaatkan kondisi tersebut untuk menjadi pemimpin pasar dan meraih keuntungan sebanyak mungkin. Pada saat pandemi saat ini, Yang terpenting kita harus jeli dalam memilih peluang usaha dan jangan ragu untuk mengambil keuntungan kecil. (tanpa mengurangi kualitas dan pelayanan) demi mendapat banyak pelanggan.

Negara Indonesia harus mampu menanfaatkan posisi tersebut walaupun saat ini Indonesia sedang berada ditengah ancaman krisis ekonomi akibat wabah virus corona dimana saat ini posisi pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang mengalami perlambatan serta berbagai persoalan akibat wabah virus corona seperti halnya banyaknya pemutusan hubungan kerja yang seperti saya bilang tadi banyak pekerja yang di PHK karena pemilik usaha tidak dapat memberi gaji dengan penuh.

Sebagai warga negara Indonesia juga harus mampu menjaga pertumbuhan ekonominya gunanya dapat meningkatkan pembangunan negara walaupun saat ini Indonesia berada ditengah kondisi ketidak stabilan ekonomi akibat penyebaran virus corona. Indonesia harus mampu menjalankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kebijakan. Indonesia pun seharusnya mampu mengatasi masalah krisis ekonomi. Salah satu cara dalam mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam mengatasi masalah saat ini. Mematuhi protokol kesehatan untuk memakai masker atau hand sanitizer sebagai langkah dalam mengatasi tingkat penyebaran Covid-19.Pengangguran dan kemiskinan sebagai langkah dalam meningkatkan posisi perkembangan ekonomi guna mencegah terjadinya krisis ekonomi.

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.