Karantina Tanjungbalai Karimun Inspeksi Kapal Sayur Di Pelantar Kolong

Karimun, Silabusnews.com – Tim Pengawas dan Penindakan (Wasdak) Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan ( KKP) Polres Karimun melakukan pengawasan terpadu di pelantar Kolong.

Sidak yang dilakukan Karantina di pelantar kawasan Kolong, Sei Lakam, Karimun dilakukan di lima pelantar yang berbeda yakni pelantar Century , Hutagalung ,Tampubolon , Zainal, Surbakti yang dijadikan tempat keluar masuk barang,Sabtu (3/8/2019) pukul 01:00 WIB dini hari.

“Saat itu ada sebuah kapal yang sedang melalukan aktivitas bongkar muat sayuran di pelantar Tampubolon, kami menemukan kapal dengan nama HLM. Bulan Purnama dari daerah Dumai , Provinsi Riau mereka membongkar sayuran dari kapal.

Tim langsung melakukan pengecekan kelengkapan dokumen karantina ,setelah dilakukan pengecekan ternyata kapal tersebut dilengkapi dokumen karantina ( KT 12) dari daerah asalnya atas nama Anwar Sadat . ” ujar  Cristian Manik,SP Koordinator Wasdak Stasiun Karantina Kelas II Karimun

Selain melakukan pembinaan terhadap nahkoda kapal , Cristian Manik meminta kepada nahkoda kapal agar untuk kedepannya melaporkan pemasukannya kepada petugas karantina untuk dilakukan tindakan karantina, ungkapnya.

Selanjutnya ,setelah petugas selesai melakukan pengecekan terhadap Nahkoda kapal di pelantar Tampubolon sekitar pukul 04:15 WIB . Kemudian, tim petugas karantina melanjutkan pemeriksaan terhadap KM. Jaya Laut di pelantar Zainal, ditemukan sayuran serta dilengkapi dengan dokumen karantina dari daerah pengirimannya atas nama Nazar yang merupakan penghubung Zul di Karimun, imbuhnya.

Maka, untuk bisa beredarnya atau masuknya sayuran di Karimun, pemilik barang di diminta untuk mengurus sertifikat kesehatan di daerah asal serta melaporkan kembali kepada petugas karantina ke daerah tujuannya,terangnya.

Ia mengatakan, selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peraturan perkarantinaan , patroli pelabuhan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Karantina kelas II Karimun ,guna untuk menekan masuknya komoditas pertanian secara ilegal ke wilayah Karimun.

( Nababan)

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.