KRI Banda Aceh 593,Jelajah Kapal Kepahlawanan, “Aku Pahlawan Masa Kini,”

KRI Banda Aceh 593.(f.silabusnews.com)

Bintan,silabusnews.com – TNI AL Lantamal IV Tanjungpinang gelar pembukaan kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan dengan,” Tema Aku Pahlawan Masa Kini,” dalam rangka memperingati hari pahlawan tahun 2019, di dermaga TNI AL mentigi  Tanjung uban,kabupaten bintan,rabu 23/10/2019, sore sekira pukul 15.00.wib.

Kegiatan tersebut berlangsung di atas KRI Banda Aceh-593.Dimulai dari tanggal  23 hingga 25 Oktober oleh Kementrian Sosial bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut Koarmada I dan Lantamal IV.

Sebanyak 550 personel akan berlayar diatas KRI Banda Aceh-593, yang merupakan kapal perang RI, dimana bertugas selain di bidang operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam, juga berfungsi sebagai kapal angkut untuk mengangkut pasukan personil TNI dalam rangka penugasan.

Rute jelajahnya kali ini adalah mulai dari Dermaga Mentigi Tanjung Uban kemudian ke Selat Singapura lalu ke perairan Pantai Sakera kapal lego mengeluarkan kapal sekoci untuk kegiatan Bakti Sosial di Pantai Sakera, lalu berlayar kembali ke Selat Singapura dan berakhir di Dermaga Mentigi Tanjung Uban.

Di Kabupaten Bintan tepatnya di Pantai Sakera, para peserta akan melakukan Bakti Sosial untuk memberikan pelajaran berbagi dan peduli, memperkuat toleransi dan kesetiakawanan sosial.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, pengobatan gratis, paket perlengkapan sekolah, bantuan peralatan disabilitas berupa tongkat kaki, kruk, tongkat tuna netra, tongkat lansia kaki/lipat, kursi roda dan kaca mata baca kemudian bantuan pemberian bea siswa dari BRC dan yang terakhir bersih-bersih pantai.

Selama dalam pelayaran, para peserta mendapatkan pembekalan dan materi tentang Sejarah Perjuangan di Kepri oleh Prof. Dr. Drs. H. Abdul Malik, M.Pd  dari Universitas Maritim Raja Ali Haji lalu ada pemberian Matri sejarah Kemaritiman

Kemudian materi tentang nilai-nilai Kepahlawanan dari Keluarga Pahlawan serta masih banyak lagi kegiatan yang dapat memberikan jiwa Nasionalisme dan Kepahlawanan yang tinggi bagi kaum muda sebagai gernerasi penerus bangsa.

Kegiatan tersebut merupakan kali ketiga  digelar. yang pertama pada 2017, peserta berlayar dari Dermaga Ujung Surabaya-Batu Poron Bangkalan, dengan menggunakan KRI dr. Soeharso-990, yang berfungsi sebagai kapal rumah sakit, kemudian yang kedua di Makasar pada tahun 2018, menggunakan KRI Makasar-590 yang di fungsikan bidang operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam.

Sebagai informasi perserta JKK ini terdiri dari pelajar SMA, Pramuka Saka Bahari, Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Panti Asuhan, Pesantren, Pilar-pilar Sosial serta Paskibra Provinsi Kepri dan Kabupaten Bintan.

Acara tersebut akan di lepas oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Drs. Arif Nahari, M.Si., yang mewakili Mentri Sosial RI.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir.  Danlantamal IV, pejabat utama Lantamal IV, Kepala Dinas/Kasaker Lantamal IV, Danlanud RHF, Sekda Pemprov Kepri Arif Fadillah mewakili Plt Gubernur Kepri Isdianto, di dampingi oleh Kadisdik Kepri Muhamad Dahli, Kadis UMKM dan Koperasi Agusnawarman, Kepala Biro Pemerintahan Haryono, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, para OPD dan FKPD Kabupaten Bintan, dan para tamu undangan lainnya.

(Red)

Sumber : Kadispen Lantamal IV

revisi iklan dan medsos
revisi iklan dan medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.