oleh

DPRD Anambas Laksanakan Rapat Pertanggung jawaban APBD Tahun Anggaran 2021

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas laksanakan rapat paripurna penyampaian ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) tahun anggaran 2021″ di ruang rapat lantai 1 (satu) gedung DPRD Anambas” senin (18/07/22) pagi” foto Ayu.

Anambas, Silabusnews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas laksanakan rapat paripurna penyampaian ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) tahun anggaran 2021, dilaksanakan di ruang rapat lantai 1 (satu) gedung DPRD Anambas” senin (18/07/22) pagi.

Tampak hadir pada pelaksanaan paripurna tersebut diantaranya Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH, Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra dan Anggota DPRD Kabupaten Anambas, Forkopimda serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Anambas.

Rapat paripurna tersebut dipimpin dan dibuka langsung oleh Firdian Syah wakil ketua  ll DPRD Anambas.

Firdian Syah ketika mimpin rapat, menurut catatan Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, daftar hadir pada permulaan rapat hari ini yang telah ditanda tangani oleh 11 anggota dari 20 (dua puluh) anggota diantaranya 2 (dua) orang dari 5 (lima) orang anggota fraksi PPP-Plus, 3 (tiga) orang dari 4 anggota fraksi PDI-P, 1 (satu) orang dari 3 (tiga) orang anggota fraksi PAN, 3 (tiga) orang dari 4 (empat) orang anggota dari fraksi Bintang Nasional Indonesia (BNI), serta 2 (dua) orang dari 4 (empat) orang anggota fraksi Karya Indonesia Raya (KIR).

Masih Firdian Shyah menyampaikan bahwa sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah republik indonesia nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah pasal 194 ayat (1) disebutkan kepala daerah menyampaikan rancangan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada dengan dilampir laporan keuangan yang telah di periksa oleh badan pemeriksa keuangan BPK serta laporan kinerja dan laporan keuangan BUMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir. “Sebutnya.

Firdian Syah juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Anambas yang telah menyelesaikan Ranperda tepat waktu.

Sementara dalam penyampaian pidato Bupati Anambas Abdul Haris, SH memaparkan tentang ranperda LPP ini dapat kami susun dan kami sampaikan kepada DPRD. Dalam pengelolaannya tentu kita mengacu pada undang-undang dan Permendagri, sebagaimana kewajiban pemerintah untuk melaporkannya 6 (enam) bulan setelah berakhirnya tahun anggaran,” Papar Bupati Anambas.

Abdul Haris memaparkan,  DPRD Anambas sebagai mitra kerja pemerintah salah satunya berperan untuk mengawasi pengelolaan anggaran pemerintah agar tepat sasaran dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

“Maka dari itu laporan ini dari pemerintah guna mendorong semangat obyektifitas dan memastikan tujuan kinerja pemerintah tercapai,” papar Abdul Haris.

Abdul Haris menjelaskan, sebelumnya Ranperda tentang pertanggung jawaban APBD tahun 2021 telah disampaikan kepada pimpinan DPRD melalui surat Bupati Kepulauan Anambas pada tanggal 30 Juni 2022.

Untuk selanjutnya ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021 ini disampaikan sebagaimana hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

“Pendapatan daerah sampai akhir tahun terealisasi sebesar Rp 845 miliar dari yang dianggarkan Rp 1,122 triliun,” paparnya.

Sedangkan belanja daerah terealisasi sebesar Rp 807 miliar dari yang dianggarkan sebesar Rp 1,132 triliun dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) tahun 2020 sebesar Rp 10 miliar.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK Kepri, laporan keuangan Kabupaten Kepulauan Anambas masih mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang ke-5,” Ucapnya.

Abdul Haris juga berharap, ranperda pertanggungjawaban APBD 2021 tersebut selanjutnya dapat dengan segera dibahas guna penyempurnaan menjadi peraturan daerah. “Harapnya. (Ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.