oleh

BPK dan Inspektorat Diminta Audit Pekerjaan Jalan Sinar Paling Pak Ulik

Rudi Hartono/Rudi Sukma menunjuk Jalan yang rusak” Minggu (23/05/2022). Foto Dok.

Silabusnews.com, Kalbar, Kayong Utara – Dalam hitungan bulan sudah hancur, pelaksanaan Peningkatan Jalan Desa Strategis Ruas Jalan Sinar Palong-Pak Ulik Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara,Kalimantan Barat.

Informasi yang dihimpun Media ini, diketahui peningkatan Jalan yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2021, senilai Rp. 2.812.049.387(Dua miliyar delapan ratus dua belas juta empat puluh sembilan ribu tiga ratus delapan puluh tujuh rupiah) tersebut, baru rampung akhir tahun 2021 lalu, kini sudah mengelupas dan rusak dibeberapa titik.

Rudi Hartono, atau yang akrab dengan sapaan Rudi Sukma LSM Gasak, meminta Pemerintah meninjau ulang pembayaran proyek yang dikerjakan oleh CV Sukses Rabika yang diduga asal jadi tersebut.

Menurut Rudi, jika sudah terlanjur dibayar maka Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat diminta turun mengaudit kembali kegiatan itu karena diduga ada mark-up.

“Itu coba dilihat aja sendiri gimana pekerjaannya. Kami menduga pekerjaan ini tidak sesuai spesifikasi atau ada dugaan Mark-up, jangan dibayar. atau kalau sudah terlanjur dibayar mesti diaudit kembali oleh instansi yang berwenang yakni BPK atau Inspektorat,” ujar Rudi Ketua Team Investigasi LSM Gasak Kayong Utara,minggu (23/05/2022).

Rudi menyayangkan, proyek yang dikerjakan dengan anggaran cukup besar itu namun diduga kurang mendapat pengawasan dari Dinas terkait (PUPR Kayong Utara.

“Itu kegiatan kalau diawasi dengan benar tentu tidak seperti ini jadinya. Silahkan cek ke Dinas PU sudah dibayar belum kalau sudah kenapa diterima pekerjaannya, ini ada apa,” ungkap Rudi.

Team Beritainvestigasi.com mencoba konfirmasi kepada pihak pelaksana, menyampaikan bahwa pekerjaan tersebut masih dalam masa perawatan.

” Masih perawatan, masa perawatan nya setahun,” terang Pelaksana Lapangan melalui Video Call.

Pihak PUPR Kayong Utara dimintai tanggapannya mengatakan akan mengecek lokasi pekerjaan.

“Waalaikum salam… siap bang nanti biar saye suruh tim cek lapangan lokasi pak ulik,” Kata Budi Utomo Pj. KADIS PU Kayong Utara melalui pesan WhatsApp Selasa(24/05/2022) pagi.

Budi menjelaskan pihaknya belum melihat kondisi fisik jalan yang dibangun.

“Kami belom liht kondisi fisiknye yang sudah mulai mengalami kerusakn,” pungkasnya.

Penulis : Ilham/Ali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.