oleh

Bagaimana Dampak Komunikasi Politik Terhadap Opini Publik

Liwi Pusfa Mahasiswi Administrasi Publik STISIPOL Raja Haji Tanjung Pinang’ Senin 3/1 foto Le

Silabusnees com, Bintan – Liwi Pusfa sebagai Mahasiswi Administrasi Publik STISIPOL Raja Haji Tanjung Pinang. Salah satu tujuan komunikasi politik saat ini adalah pembentukan opini publik. Hal ini ditambah bahwa sekarang manusia hidup di tengah-tengah era keterbukaan dan transparansi, seperti contohnya di Indonesia dewasa ini, Senin (03/01/2022).

Komunikasi politik yang dilakukan para elit politik tidak akan berjalan maksimal tanpa pembentukkan opini publik. Popularitas para kandidat politik tidak akan naik jika tidak ditunjang oleh signifikannya opini dari publik terhadap mereka. Karena itu, komunikasi politik dan opini public memiliki keterkaitan yang erat karena keduanya saling menunjang.

Rutinitas media yang terkait dengan ritme kerja dan publikasi informasi. Media-media konvensional, seperti televisi, koran, majalah, tabloid, dan lain-lain memiliki tantangan baru dengan semakin dinamisnya “media baru” (new media). Akses situs jejaring sosial (medsos), seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan sebagainya, serta blog-blog website yang interaktif memunculkan jurnalisme masyarakat (citizen journalism) yang kian interaktif dengan para pencari dan pengguna informasi.

Sekalipun media-media konvensional tetap akan eksis, akan tetapi resonansi atau dampak dari pemberitaannya tidak akan seluas, secepat, dan sebesar yang dihasilkan oleh media-media baru tadi. Media-media baru ini tidak hanya media sosial, tetapi juga berbagai bentuk media lainnya. Beberapa contoh media baru adalah kegiatan perdagangan daring (e-Commerce); mesin pencari raksasa (search engine), yang juga disebut sebagai news aggregator, seperti Google, Yahoo, Bing, Never, dan sebagainya; dan jasa penyaring berita (news filtering service), seperti Indonesia Indikator, Line Today, dan lain-lain.

Media massa juga telah menjadi guru dan menuntun kita untuk untuk mendefinisikan situasi sesuai dengan sajiannya. Dan anehnya pun kita berlaku seperti murid yang baik, dalam mengambil keputusan kita tidak lagi mendasarkan pada realitas sesungguhnya, tapi pada makna yang diberikan oleh media tersebut. Di sini terlihat jelas bahwa media massa sesungguhnya adalah sebuah konstruksi atas realita, yang ujungnya pasti pengarahan pada opini publik tertentu, yang diatur sedemikian rupa sesuai kepentingan media massa tersebut. Pada masa reformasi hiruk pikuk gerakan mahasiswa menuntut reformasi, televisi kembali memainkan peran strategis dalam mempercepat proses dan menggalang dukungan masyarakat.

Hingga akhirnya gerakan reformasi tidak hanya terjadi di ibukota saja, tetapi masuk ke seluruh pelosok tanah air. Dalam hal ini, berlaku proses komunikasi politik yang bersifat antar-personal dalam kelompok (Riswandi, 2009:88). Opini yang telah dinyatakan menjadi actual public opinion, karenanya konsensus publik yang telah mengalami proses komunikasi disebut opini, sedangkan pemikiran atau konsensus dalam publik yang belum dinyatakan secara umum dan terbuka, masih merupakan sikap (attitude). Pandangan tersebut sesuai dengan perspektif komunikasi politik yang berlangsung dalam proses komunikasi massa, yang pesannya bersifat umum dan aktual. Dalam hal ini, opini publik adalah yang dinyatakan (eksternal), atau yang telah dibuat untuk umum, atau diketahui orang banyak yang mencakup public.

Relasi antara komunikasi politik dengan opini publik erat kaitannya dan saling mempengaruhi satu sama lain. Karena dalam keilmuan, komunikasi politik sangat berperan dalam pembentukan sebuah opini publik. Opini publik adalah hasil dari kegiatan komunikasi politik itu sendiri. Dalam komunikasi politik yang dilakukan pemerintah akan berakibat pada opini publik yang berkembang di masyarakat terkait pada komunikasi politik yang telah dijalankan oleh pemerintah. Dan opini publik yang berkembang di masyarakat akan mempengaruhi pula strategi penggunaan komunikasi politik oleh komunikator politik itu sendiri. Suatu opini akan menjadi opini publik yang aktual jika dinyatakan secara terbuka kepada umum atau publik melalui media massa. Komunikasi politik adalah suatu bidang atau disiplin yang menelaah perilaku dan kegiatan komunikasi yang bersifat politik, mempunyai akibat politik, atau berpengaruh terhadap perilaku politik.

Komunikasi politik dengan demikian memiliki implikasi atau konsekuensi terhadap aktivitas politik. Perilaku dan aktivitas politik sangat terkait dengan pembentukkan opini publik, karena perilaku dan aktivitas politik yang dilakukan masyarakat umumnya terjadi karena adanya sifat umum yang kolektif bernama opini publik. Komunikasi politik dalam sistem yang demokratis membuat opini publik dapat bergerak bebas di ranah kebebasan yang dimungkinkan karena aturan main yang demokratis. Melalui proses komunikasi politik, suatu opini dapat berubah menjadi opini publik sesuai dengan kepentingan pihak-pihak yang memprakarsai berlangsungnya komunikasi. Proses ini terjadi karena opini publik tumbuh secara alamiah di tengah-tengah dinamika sosial politik masyarakat. Kemudian, media harus dipandang sebagaipelaku penting dalam politik.

Tanpa media, komunikasi politik tidak mungkin berjalan dua arah antara komunikator politik atau politisi dengan masyarakat, maupun juga sebaliknya. Akan tetapi, dalam perkembangannya media tidak hanya sekedar perantara atau saluran lalu lintas opini publik yang ada di masyarakat. Media telah melangkah lebih jauh dari sekedar channel saja, tetapi juga menjadi komunikator. Media membuat pernyataan-pernyataan politik (political statement) dalam bentuk komentar, editorial, dan pertanyaan wawancara, sesuai dengan kepentingannya sendiri. Terakhir, dampak komunikasi politik terhadap keterlibatan dan perilaku masyarakat dalam politik terkait dengan fakta-fakta tentang pemimpin opini (opinion leader). Hal ini dilihat dari sisi bagaimana komunikasi politik yang dilakukan para pemimpin opini tersebut dapat berdampak pada keterlibat dan perilaku masyarakat di dalam konteks pembentukkan opini publik.

(Le)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.