102 Prajurit TNI AL SATDIK 1 Kodiklatal, Dilantik

Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han), saat menyampaikan amanat pelantikan 102 prajurit, Satdik-1 Latal, Kamis 04 Juli 2024. (Foto Patar Sianipar)

Bintan, Kepri – Sebanyak 102 prajurit dilantik dan sumpah jabatan, usai menyelesaikan sekolah keprajuritan, di Satdik 1 Kodiklatal . 102 siswa imi merupakan Angkatan ke 44 yang dilantik Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han), Kamis (04 Juli 2024), pagi.

Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Siswa Dikmata Angkatan XLIV Tahun 2024 berlangsung dengan hikmat dan tertib.

“Selamat dan sukses atas pelantikan menjadi Tamtama TNI Angkatan Laut, dengan pangkat Kelasi Dua,” ujarnya.

“Pendidikan Dasar Keprajuritan yang Tanggap, Tanggon dan Ternginas serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap di kembangkan dalam pendidikan dasar golongan lanjutan yang akan di laksanakam selama dua bulan di Satdik1,” lanjutnya.

“Melalui sumpah yang baru saja di ucapkan, saat ini para siswa secara resmi telah menjadi PrajuritvTNI AL,” paparnya.

“Saudara telah berjanji kepada Tuhan YME, jalankan segala kewajiban sebagai seorang prajurit Jalasena, dengan penuh tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan yang di landasi oleh jiwa sapta marga, sumpah prajurit dan Trisila TNI AL,” tegasnya.

“Jangan larut dengan keberhasilan menyelesaikan pendidikan ini. Walaupun sudah menyandang pangkat, namun statusnya masih sebagai siswa yang harus menyelesaikan semua tugas pendidikan tahap dasar golongan lanjutan dengan sebaik baiknya,” pesannya.

Dimana, dalam pendidikan dasar golongan lanjutan nanti para siswa akan di bekali dengan pengetahuan serta ketrampilan profesi matra laut sesuai dengan korp dan kejuruan.

Beberapa arahan yang perlu di pahami dan laksanakan yakni, meningkatkan kualitias keimanan dak ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT sebagai landasan moral dalam mental dalam mengikuti pendidikan, selanjutnya melaksanakan semua norma peraturan dan tata tertib pendidikan yang berlaku di lingkungan Satdik-1 Kodiklatal dengan tetap berpedoman pada Sapta Marga, sumpah prajurit dan Trisila TNI AL.

Melaksanakan setiap tugas dengan penuh tanggung jawab dan disiplin yang tinggi guna mendukung kelancaran selama mengikuti pendidikan dasar golongan. Menumbuhkan kebanggan jiwa korsa dan kepedulian antar sesama siswa yang telah terbentuk dengan saling membantu dan mengatasi setiap problem pendidikan. Dan yang terakhir, pertahankan dan bina terus kondisi fisik dan mental serta jaga keaehatan guna mendukung semua tugas tugas pada tahap pendidikan dasar golongan lanjutan.

Sebelum mengakhiri Nur Alamsyah mengucapkan terima dan penghargaan yang tinggi kepada Pangkogabwilhan I, Pangkoarmada I dan Danlantamal IV Batam serta semua pihak yang mendukung terselenggaranya pendidikan ini sehingga dapat terlangsana dengan baik, aman dan lancar.

Dan kepada komandan Satdik-1 beserta staf, para instruktur dan pembimbing siswa saya juga mengucapkan terima kasih atas segala usaha dan kerja kerasnya, sehingga pendidikan tahap dasar keprajuritan dan dasar golongan dapat berjalan sesuai dengan rencana, selanjutnya saya berharap untuk melaksanakan program pendidikan tahap dasar golongan lanjutan dengan sebaik baiknya.
*/PS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.